Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemilu Harus Menghasilkan Pemimpin Dan Wakil Rakyat Berkualitas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 22 November 2018, 19:19 WIB
Pemilu Harus Menghasilkan Pemimpin Dan Wakil Rakyat Berkualitas
Foto/MPR RI
rmol news logo Sistem pemilu yang dijalankan Indonesia saat ini terdapat nilai positif dan negatif.

Demikian disampaikan Wakil Ketua MPR RI Mahyudin dalam diskusi bertema 'MPR Rumah Kebangsaan Pengawal Ideologi Pancasila dan Kedaulatan Rakyat' di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (22/11).

Dia menjelaskan, dari segi positif rakyat bisa memilih atau menentukan siapa saja wakil dan pemimpin yang dikehendaki. Namun di sisi lain, orang yang tidak pantas pun bisa menjadi wakil rakyat bila memperoleh suara yang cukup.
 
"Bila kondisi masyarakat sudah cerdas dan perekonomian telah mapan maka pemilu yang terjadi menghasilkan sesuatu yang ideal, namun ketika di lapangan kondisi masyarakat terjadi sebaliknya sehingga membuat terjadinya praktek money politic maka hal demikian akan menyebabkan hanya orang-orang yang bermodal yang bisa menjadi wakil rakyat. Banyak kader yang berkualitas tak terpilih karena tak punya modal," papar Mahyudin.

Kondisi demikian menyebabkan terjadinya penurunan kualitas parlemen. Dia mencontohkan, sering dalam rapat paripurna banyak kursi yang kosong. Itu terjadi karena banyak anggota dewan menganggap tak ada hubungan antara rajin hadir sidang dengan keterpilihan saat pemilu.

"Menyedihkan bila saat rapat-rapat komisi tak ada orang. Untuk itu perlu dipikirkan bagaimana sistem pemilu yang ada diubah dengan lebih mengedepankan terpilihnya sosok-sosok yang berkualitas," jelas Mahyudin. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA