Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kritik Bahlil Dan Maruarar Ke Jokowi, Keduanya Lebih Cinta Ke Bangsanya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sukardjito-1'>SUKARDJITO</a>
LAPORAN: SUKARDJITO
  • Rabu, 21 November 2018, 02:20 WIB
Kritik Bahlil Dan Maruarar Ke Jokowi, Keduanya Lebih Cinta Ke Bangsanya
Jokowi/Net
rmol news logo . Paket kebijakan ekonomi ke-16 pemerintahan Joko Widodo memicu respons keras pelbagai pihak, termasuk politisi PDI Perjuangan, Mauarar Sirait dan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ( Hipmi) Bahlil Lahadalia

"Kritik Bahlil dan Mauarar ini perlu diapresiasi sebagai ciri-ciri manusia lebih cinta ke bangsanya ketimbang junjungannya," papar Direktur Sabang Merauke-Circle Syahganda Nainggolan.

Sebelumnya, Muarar Sirait melakukan protes keras atas kebijakan ekonomi tersebut.  Ia menilai paket kebijakan itu terlalu liberal dan tidak sejalan dengan visi pemerintah untuk mendorong ekonomi kerakyatan.

Kritik yang disampaikan Maruarar terutama menyasar rencana revisi Peraturan Presiden nomor 44/2016 tentang Daftar Negatif Investasi (DNI) sebagai langkah lanjutan dari peluncuran Paket Kebijakan Ekonomi jilid XVI.

Revisi itu memungkinkan penanaman modal asing (PMA), yang sebelumnya harus bermitra dengan UKM atau koperasi, bisa berjalan tanpa kemitraan dan 100 persen PMA.

Sementara Bahlil menyoroti soal usaha kecil menjadi mati lantaran dipaksa bersaing dengan korporasi bermodal jumbo dari luar negeri lantaran adanya kebijakan ini. [jto]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA