Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Pelototi Harga Beras

Hadapi Momen Akhir Tahun

Rabu, 07 November 2018, 09:11 WIB
Pemerintah Pelototi Harga Beras
Foto/Net
rmol news logo Pemerintah mulai melaku­kan persiapan untuk menghadapi potensi lonjakan kebutuhan pan­gan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019. Kemarin, Kemenko Perekonomian, Sat­gas Pangan, dan Perum Bulog menggelar rapat koordinasi terbatas (rakortas) membahas hal tersebut. Hasilnya, mereka sepakat untuk menjaga harga beras medium untuk di Pulau Jawa Rp 9.450 per kilogram (kg). Harga itu sesuai dengan acuan beras medium di DKI Jakarta dan di Pulau Jawa yang diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No­mor 47/M-DAG/PER/7/2017 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen.

"Di dalam rakortas diputus­kan akan menggelar operasi pasar. Kami (Satgas) akan men­gawal, mengamankan stabilisasi pangan. Lewat operasi pasar, kami harapkan harga bisa se­suai dengan yang ditetapkan, terjangkau oleh masyarakat," ungkap Kepala Satgas Pangan Irjen Setyo Wasisto di Jakarta, kemarin.

Setyo menginstruksikan ke­pada masing-masing Satgas di daerah untuk segera berkoor­dinasi dengan pemangku ke­pentingan (stakeholder) terkait untuk menjaga stabilitas harga pangan. Menurutnya, berdasar­kan pengalaman, siklus naik dan turun harga pasti terjadi pada akhir tahun. Kenaikan bisa disebabkan karena pasokan terlambat dan faktor macam-macam lainnya. Tetapi, yang terpenting kenaikannya tidak signifikan.

"Kalau produksi (ada) semoga bisa terjaga (harganya) khusus­nya komoditas-komoditas yang sangat dibutuhkan menjelang Natal seperti tepung terigu, telur, daging, daging ayam, kemudian bawang merah," ujarnya.

Dari pantauan Satgas selama dua minggu terakhir, menurut Setyo, ada kenaikan harga ter­hadap beberapa bahan pangan salah satunya beras. Namun kenaikannya tidak terlalu sig­nifikan. Kendati begitu, kenai­kan beras ikut menyumbang inflasi. Oleh sebab itu untuk beras sebetulnya tidak boleh terjadi kenaikan. Harga stabil lebih baik.

Direktur Utama PT Food Sta­tion Tjipinang Jaya Arief Prase­tyo Adi mengungkapkan, saat ini harga beras masih stabil. Harga beras medium sekitar Rp 8.700 per kg. Sedangkan, untuk jenis premium sekitar Rp 10.500-Rp 12.500 per kg. ***

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA