Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Misbakhun: Gapoktan Harus Rawat Alsintan Demi Petani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yayan-sopyani-al-hadi-1'>YAYAN SOPYANI AL HADI</a>
LAPORAN: YAYAN SOPYANI AL HADI
  • Sabtu, 27 Oktober 2018, 08:59 WIB
Misbakhun: Gapoktan Harus Rawat Alsintan Demi Petani
Misbakhun (kanan)/Rep
rmol news logo . Gabungan kelompok tani (gapoktan) yang menerima alat mesin pertanian dan perkebunan (Alsintan) harus bisa merawat bantuan dari pemerintah pusat itu.

Demikian disampaikan Anggota Komisi XI DPR RI, Mukhamad Misbakhun saat menyalurkan Alsintan kepada beberapa kelompok tani di Kabupaten Probolinggo. Serah terima bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) itu dilaksanakan di Balai Benih Pertanian di Desa Sukodadi Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Alsintan yang disalurkan merupakan bantuan dari sejumlah unit di Kementan. Antara lain Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, serta Direktorat Jenderal Perkebunan Kementan.

Adapun alsintan yang disalurkan antara lain traktor roda dua sejumlah 45 unit (singkal 15 unit dan rotary 30 unit), pompa air 3" (15 unit), kultivator (10 unit), hand sprayer elektrik (50 unit), alat tanam jagung (50 unit), 20 kg benih tembakau yang setara 1.700 ha pengembangan, timbangan digital (1 unit),  pompa air (1 unit) dan 25 buah terpal.

"Penyaluran bantuan ini merupakan bentuk komitmen saya di dapil saya Probolinggo-Pasuruan. Bantuan ini harus digunakan pada gabungan kelompok tani dan jangan digunakan oleh kepala Gapoktannya saja," pinta Misbakhun.

Dalam kesempatan itu Misbakhun juga memuji Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari. Menurutnya, bupati berparas cantik itu mengerti betul kebutuhan masyarakat petani di Porbolinggo.

"Saya pastikan tidak salah telah memilih beliau sebagai bupati yang kedua. Beliau juga termasuk sebagai deretan bupati paling cantik di Indonesia. Karena kalau dihitung dari bupati perempuan, tidak sedikit yang mempunyai kelebihan dari sisi kecantikan, kepandaian dan kepemimpinan," kata Misbakhun memuji.

Dalam keterangan pada readaski (Sabtu, 27/10), Bupati Tantri dalam sambutannya mengatakan, mayoritas warga di Kabupaten Probolinggo merupakan petani.

"Di Kabupaten Probolinggo banyak potensi yang sudah berkembang. Bahkan, hasil pertanian yaitu bawang sudah ekspor ke luar negeri," tuturnya.

Bupati Tantri juga sempat berkelakar. Dia menyinggung status Misbakhun yang kembali menjadi calon legislator untuk DPR dari Golkar di daerah pemilihan Pasuruan dan Probolinggo.

"Nomor urut berapa, Pak Misbakhun?" tanya Bupati Tantri.

Sontak Misbakhun langsung meresponsnya. "Nomor urut satu, Bu," jawab Misbakhun singkat. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA