Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Petahana Pertontonkan Kekuasaan Demonstratif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sukardjito-1'>SUKARDJITO</a>
LAPORAN: SUKARDJITO
  • Senin, 24 September 2018, 11:12 WIB
Petahana Pertontonkan Kekuasaan Demonstratif
Jokowi/Net
rmol news logo Beberapa kepala daerah dengan terbuka menyatakan dukungan kepada kubu pasangan capres petahana Joko Widodo dan cawapres Ma'ruf Amin.

Pengamat hukum dan politik dari Universitas Airlangga Surabaya, Suparto Wijoyo, publik belum paham betapa berbahayanya para kepala daerah yang menjadi tim sukses, termasuk di Jawa Timur.

"Ini menunjukkan betapa demonstratifnya kekuasaan yang dipertontonkan. Kekuasaan yang terlalu mobilisir dengan menjadikan kepala daerah-kepala daerah sebagai tim sukses, sangat berbahaya,” ujar Suparto seperti dilansir Kantor Berita RMOLJatim, Senin (24/9).

Dikatakan Suparto, cara menunjuk kepala daerah menjadi Timses merupakan langkah  mundah untuk meraih kemenangan di Jawa Timur.

Namun demikian, Suparto mempertanyakan mengapa kepala daerah mau dijadikan tim sukses, mengapa mereka tidak sibuk mengurus kinerja pemerintahannya sendiri?

"Apakah ada kekuatan-kekuatan lain yang mendorong mereka harus jadi Timses. Ataukah adakah yang lain. Ini akan menjadi bagian kecurigaan orang, jangan-jangan Anda punya persoalan,” serunya.  

Tatkala hal ini terbaca oleh rakyat, Suparto menyebut sebaiknya rakyat jangan memilih gerombolan orang bermasalah.

"Yang kita hadapi saat ini demonstrasi kekuasaan yang dikoordinir dengan rapi. Yang terjadi justru munculnya era-era kegelapan,” tukasnya.

Tim sukses daerah Jokowi-Ma'ruf Amin di Jawa Timur dipimpin mantan Kapolda Jatim Irjen (Purn) Machfud Arifin, sejauh ini telah diisi oleh jajaran kepala daerah sebagai koordinator wilayah (korwil) di masing-masing daerah.

Mereka antara lain Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai Korwil Kota Surabaya, Bupati Abdullah Azwar Anas Korwil Banyuwangi, Wali Kota Dewanti Rumpoko Korwil Kota Batu, Bupati Rendra Kresna Korwil Kabupaten Malang, dan Bupati Saifullah Korwil Sidoarjo.

Nama Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim terpilih, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak masuk ke tim kampanye daerah (TKD) Jatim Jokowi-Ma'ruf Amin, kendati kemudian membentuk kelompok sendiri jaringan kiai dan santri nasional (JKSN).

Secara umum, terdapat 30 kepala daerah yang masuk Timses Jokowi-Ma'ruf Amin pimpinan Machfud Arifin di Jatim.

Ini berbanding terbalik dengan kubu Prabowo-Sandiaga Uno yang menolak menggunakan kepala daerah sebagai Timses. [jto]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA