Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Persiapan Pesparani Nasional I Capai 95 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 22 September 2018, 22:29 WIB
Persiapan Pesparani Nasional I Capai 95 Persen
Foto/Net
rmol news logo Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Nasional I di Maluku segera digelar. Saat ini, persiapan pelaksanaan acara tersebut telah mencapai 95 persen.

"Untuk kegiatan Pesparani I panitia penyelenggara mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp 20 miliar dan pemerintah daerah sebesar Rp 20 miliar. Namun bantuan tersebut belum diterima hingga saat ini," ungkap Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN), Adrianus Meliala, Sabtu (22/9).

Adrianus mengatakan, pesta paduan suara umat Katolik yang terbagi dalam 12 kegiatan lomba ini diikuti 8.500 peserta dari 34 provinsi. Direncanakan, acara akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo tanggal 27 Oktobet 2018 dan berlangsung hingga tanggal 2 November.

Sementara itu, Ketua KWI Mgr I. Suharyo Pesparani mengatakan, acara tersebut merupakan ajang pertemuan umat Katolik secara nasional yang mencerminkan Gereja Katolik di Indonesia yang diwarnai keterlibatan kaum awam di dalamnya.

Menurut Mgr Suharyo, kegiatan tersebut juga untuk meningkatkan kualitas hidup antara agama di Indonesia karena kepanitiaan terdiri dari umat berbagai agama.

"Saya merasa ini adalah kekhasan di Indonesia. Saya tidak pernah melihat panitia di Vatican dan di negara Eropa yang panitianya lintas agama," ujar Mgr Suharyo.

Ditambahkan, Pesparani tidak akan terjadi apabila tidak ada dukungan dari pemerintah khususnya Dirjen bimas Katolik dan lembaga gereja. Hal itu menunjukkan Gereja Katolik di Indonesia dapat berjalan seiring dengan pemerintah.

"Saya sangat senang ketika istilah yang dipakai bukan perlombaan tapi pesta. Karena itu adalah ungkapan khas dari iman, merayakan iman kita lewat pesta paduan suara. Dan melihat orang lain sebagai saudara," pungkas Mgr Suharyo. [lov]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA