Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DPR: Mentan Sudah Tunjukkan Pencapaian Produksi Beras

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 21 September 2018, 17:04 WIB
DPR: Mentan Sudah Tunjukkan Pencapaian Produksi Beras
Endang Srikarti Handayani/Net
rmol news logo Peningkatan produktivitas komoditas pertanian seharusnya diapresiasi oleh seluruh elemen pemerintahan, terutama soal beras.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Anggota Komisi IV DPR Endang Srikarti Handayani menyampaikan, soal beras, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dan jajarannya juga pasti memiliki data yang bisa dipertanggung jawabkan ke publik.

"Nanti kan tinggal dipaparkan, apa ada sinkronisasi berdasarkan perhitungan BPS. Tapi kan yang patut diapresiasi bahwa Mentan sudah menunjukkan tercapainya peningkatan hasil produksi komoditas pertanian, apalagi sudah ada ekspornya," ujar Endang di Jakarta, Sabtu (21/9).

Selaras dengan rekannya di anggota Komisi IV DPR, Michael Wattimena menuturkan, panen produksi padi bisa dikategorikan baik. Bahkan, kata Michael, Amran Sulaiman berani menjamin bahwa panen padi tetap aman di musim kemarau.

"Artinya stok beras cukup aman kalau dilihat dari aspek panennya. Kan Mentan yang punya data panen padi berapa banyaknya. Data yang diterbitkan Kementan katanya luas tanam padi bertambah, itu bisa diperhitungkan waktu untuk kecukupan ketersediaan beras," ungkap Michael.

Michael mengatakan, selama ini belum ada kinerja yang tidak wajar dari Amran Sulaiman terkait urusan produksi pertanian. Oleh sebab itu perlu dukungan, khususnya yang berhubungan dengan stok beras.

Terkait sektor pertanian, BPS mencatat ada pertumbuhan yang lebih baik untuk nilai tukar petani sebesar 0,89 persen pada Agustus dibandingkan Juli tahun ini. Nilai Tukar Petani (NTP) khusus tanaman pangan yang naik 1,28% bulan Agustus 2018 dibandikan bulan Juli 2018.

Mengacu data Perum BULOG, jumlah Cadangan Beras Pemerintah (CBP) per 18 September 2018 mencapai 2,24 juta ton, jauh diatas batas aman stok CBP sekitar 1-1,5 juta ton.

Selain itu, ada stok beras di penggilingan, mengacu hasil survei Kementerian Pertanian per minggu II September 2018 mencapai 1,48 juta ton. Belum lagi stok beras di masyarakat lainnya seperti di tingkat rumah tangga dan para pedagang.

Berdasarkan Aram I 2018 (BPS-Ditjen TP), perkiraan luas panen padi Jan-Agustus mencapai 12,18 juta Ha dan prediksi luas panen Oktober - Desember mencapai 3,82 juta Ha. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA