Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kanada: Myanmar Telah Melakukan Genosida

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 21 September 2018, 12:35 WIB
Kanada: Myanmar Telah Melakukan Genosida
Ilustrasi/Net
rmol news logo Parlemen Kanada dengan suara bulat memilih untuk menyatakan sikap bahwa tindakan militer Myanmar terhadap orang-orang Rohingya adalah bentuk genosida.

House of Commons Kanada mendukung temuan misi pencarian fakta PBB di Myanmar yang menemukan kejahatan terhadap kemanusiaan telah dilakukan terhadap Rohingya dan bahwa tindakan ini disetujui oleh komandan militer Myanmar.

Anggota parlemen Kanada mengatakan mereka mengakui bahwa kejahatan terhadap Rohingya merupakan genosida dan mendesak dewan keamanan PBB untuk merujuk kasus ini ke pengadilan pidana internasional. Kanada juga menyerukan jenderal-jenderal Myanmar untuk diselidiki dan dituntut atas kejahatan genosida.

"Saya ingin menggarisbawahi betapa tragisnya, betapa mengerikannya kejahatan terhadap Rohingya," kata Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland.

“Kami memimpin upaya internasional untuk keadilan dan akuntabilitas untuk Rohingya," sambungnya seperti dimuat The Guardian.

Diketahui bahwa kampanye militer mendorong lebih dari 700.000 Muslim Rohingya dari Myanmar ke negara tetangga Bangladesh di mana mereka sekarang tinggal di kamp-kamp pengungsi. Banyak yang telah memberikan laporan pembunuhan di luar proses hukum, kekerasan seksual dan pembakaran. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA