DPR Bakal Gelar Rapat Bersama Enggar Dan Buwas

Kamis, 20 September 2018, 17:01 WIB | Laporan: Ahmad Kiflan Wakik

Viva Yoga Mauladi/RMOL

DPR RI akan menjadwalkan rapat gabungan dengan memanggil Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita dan Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Viva Yoga Mauladi menyebut pemanggilan Enggar dan Buwas untuk meminta penjelasan soal perseteruan keduanya terkait impor beras.

"Pimpinan Komisi IV DPR sudah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Pimpinan Komisi VI DPR dan Pimpinan DPR dalam rangka persiapan untuk melaksanakan Rapat Komisi gabungan Komisi IV dan Komisi VI DPR dalam beberapa pekan ke depan," ujar Viva melalui keterangan tertulisnya, Kamis (20/9).

Viva menyebut, pemanggilan untuk meminta penjelasan utuh dari keduanya dalam upaya menyelesaikan perdebatan soal beras yang kini terlanjur muncul di permukaan dan membingungkan publik.

"Dalam rapat tersebut Kemendag akan diminta melaporkan tentang kebutuhan konsumsi pangan. Sementara Bulog diminta menjelaskan jumlah penyerapan gabah dan beras petani lokal," jelasnya.

Selain itu, lanjut Viva, pemerintah sudah punya utang janji yang merupakan amanat pasal 126, UU 18/2012 tentang Pangan dalam hal mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan nasional.

"(Amanat pasal itu) akan dibentuk lembaga pemerintah yang menangani bidang pangan. Lembaga ini langsung bertanggungjawab kepada presiden," tukasnya.[lov]
Editor:

Kolom Komentar


loading