Menlu AS Pimpin Pertemuan PBB Soal Korut

Rabu, 19 September 2018, 07:38 WIB | Laporan: Amelia Fitriani

Pompeo/Net

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo akan memimpin pertemuan Dewan Keamanan PBB pekan depan. Pertemuan itu akan fokus pada upaya mengatasi upaya pembongkaran program senjata nuklir Korea Utara.

Menurut keterangan yang dirilis Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat awal pekan ini, Pompo dijadwalkan akan memimpin pertemuan tingkat menteri di New York pada 27 September mendatang setelah mendampingi Presiden Amerika Serikat Donald Trump di sana untuk menghadiri Majelis Umum PBB.

"Pertemuan itu akan memberikan Menlu (Pompeo) kesempatan untuk memperbarui Dewan Keamanan pada upaya kami menuju denuklirisasi akhir Korea Utara yang sepenuhnya diverifikasi, serta menggarisbawahi kebutuhan bagi semua negara anggota untuk menegakkan sanksi yang ada," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat Heather Nauert seperti dimuat Yonhap.

Untuk diketahui bahwa Korea Utara berada di bawah beragam sanksi PBB untuk senjata nuklir dan program rudal balistiknya.

Sementara itu China dan Rusia, dua dari lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB, telah menyarankan pengurangan sanksi di tengah upaya denuklirisasi Pyongyang.

Pertemuan itu akan dilakukan usai KTT ketiga yang dilakukan oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In pekan ini di pyongyang. [mel]
Tag:

Kolom Komentar


loading