Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pentingnya Wawasan Kebangsaan Dan Penguasaan Teknologi Bagi Mahasiswa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 12 September 2018, 14:52 WIB
Pentingnya Wawasan Kebangsaan Dan Penguasaan Teknologi Bagi Mahasiswa
Akhmad Muqowam/DPD
rmol news logo Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Akhmad Muqowam menekankan pentingnya pemahaman Wawasan Kebangsaan sebagai proses penempaan menjadi manusia Indonesia seutuhnya.

"Akhir-akhir ini persoalan kebangsaan cukup memprihatinkan seakan masyarakat Indonesia lupa akan jati dirinya sebagai Manusia Indonesia yang berfalsafah Pancasila dan berpegang pada UUD 1945," kata Muqowam di hadapan ratusan mahasiswa peserta Masa Prabakti Mahasiswa (Mapram) Universitas Peradaban, Brebes, Rabu (12/9).

Bangsa Indonesia, kata Akhmad, adalah bangsa yang majemuk dan beragam. Sehingga intoleransi hendaknya jangan dikenal sama sekali di dalam kehidupan kemahasiswaan.

Muqowam berharap Universitas Peradaban menjadi sebuah laboratorium yang sahih di dalam perikehidupan kemahasiswaan.

"Apalagi anak-anak muda di kampus ini berasal dari berbagai daerah dengan beragam budaya, agama dan kepercayaannya," tegas senator dari Jawa Tengah ini.

Di era digital yang berkembang pesat, Muqowam berpesan mahasiswa menguasai teknologi informasi, agar bisa menyikapi berbagai perubahan yang bersifat cepat, instan dan borderless.

"Kita tidak bisa menghindari lompatan teknologi, harus kita ikuti, kalau tidak kita akan ketinggalan dan tidak akan bisa punya prestasi," pesan Muqowam.

Agar mahasiswa menguasai teknologi, lanjut Muqowam, pihak Universitas setidaknya menyediakan penggunaan komputer dan akses internet gratis di area kampus. Meskipun Universitas Peradaban berada di kota kecil, namun hal itu bukanlah masalah.

"Lokasi bukanlah masalah, dengan teknologi informasi semua punya kesempatan yang sama, mereka dapat mengakses dunia sekalipun," ucap Muqowam.

Muqowam berpesan, mahasiswa menjaga pergaulan dan belajar berorganisasi untuk membuahkan cara berfikir yang logis dan terarah.

"Tujuan organisasi pasti ada goal yang akan dituju di mana dalam pencapaiannya dituntut menemukan cara seefisien dan seefektif mungkin," tutupnya.[lov]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA