Pelaku Dalam Mobil Tembak Kedubes AS Di Ankara

Senin, 20 Agustus 2018, 13:37 WIB | Laporan: Amelia Fitriani

Foto: Russia Today

Seorang pria bersenjata tak dikenal menembakkan beberapa tembakan ke Kedutaan Besar Amerika Serikat di ibukota Turki, Ankara subuh tadi (Senin, 20/8), tepatnya pukul 5 pagi waktu setempat.

Tembakan dilepaskan dari dalam mobil yang lewat. Akibatnya, kaca jendela pecah dan polisi memburu tersangka. Meski begitu, tidak ada korban akibat penembakan tersebut.

Saksi mata mengatakan bahwa ada lima hingga enam suara tembakan terdengar di dekat penjaga keamanan di Gerbang 6 di kedutaan. Mereka datang dari sebuah mobil putih yang melintas dan melarikan diri sebelum nomor platnya dicatat.

Polisi telah dikirim ke tempat kejadian dan pencarian mobil dan buronan sedang berlangsung.

Serangan itu terjadi pada saat hubungan antara sekutu NATO AS dan Turki dengan cepat memburuk atas penahanan pendeta Amerika Andrew Brunson di Turki. Brunson dituduh membantu upaya kudeta 2016 dan menghadapi 35 tahun penjara. Departemen Keuangan AS telah memberlakukan sanksi terhadap menteri keadilan dan interior Turki, dan Presiden AS Donald Trump menaikkan tarif impor aluminium dan baja negara itu.

Tekanan ekonomi membuat mata uang nasional Turki, lira, terjun ke posisi terendah yang belum pernah terjadi sebelumnya. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuduh Washington melakukan serangan yang disengaja terhadap ekonomi Ankara dan mendesak rakyatnya untuk menjatuhkan dolar demi lira. Demikian seperti dimuat Russia Today. [mel]
Tag:

Kolom Komentar


Video

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Jumat, 12 Juli 2019
Video

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Senin, 15 Juli 2019
Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019