Merajut Persatuan Lewat Kompetisi Harmoni Indonesia 2018

Sabtu, 18 Agustus 2018, 17:40 WIB | Laporan: Wahyu Sabda Kuncahyo

Harmoni Indonesia 2018/Net

Harmoni Indonesia 2018 sebagai rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan ke-73 RI sekaligus menyambut Asian Games 2018 menggelar kompetisi bernyanyi bersama di jejaring sosial Instragram.  

Bersamaan dengan penyelenggaraan menyanyi besama yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia tanggal 5 Agustus lalu, panitia Harmoni Indonesia 2018 juga telah mendapatkan pemenang solo dan satu pemenang grup dari peserta duet, trio dan kuartet kompetisi bernyanyi bersama.  

Staf Khusus Kementerian PUPR Firdaus Ali selaku ketua pelaksana Harmoni Indonesia 2018 mengatakan, kompetisi yang diadakan diharapkan menjadi benang merah untuk mempersatukan, menguatkan dan merajut kembali rasa persatuan, kesatuan dan kebangsaan Indonesia.

"Dari kompetisi ini terpilih pemenang solo dan satu pemenang grup. Kita berharap, acara dan kompetensi ini makin merajut rasa persatuan, kesatuan, sikap saling menghormati, saling menyayangi sebagai sesama warga negara Indonesia," jelas Firdaus dalam keterangannya, Sabtu (18/8).

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto menambahkan, lagu-lagu nasional yang dinyanyikan di Harmoni Indonesia 2018 akan mengingatkan setiap warga negara terhadap sulitnya merebut kemerdekaan.

"Karenanya, kami ingin lagu-lagu ini terus disenandungkan dan digelorakan," katanya.

Lanjut Sidarto, Harmoni Indonesia 2018 merupakan gagasan Presiden Joko Widodo dan dikemas sebaik mungkin dalam waktu yang singkat.

Pada 5 Agustus lalu telah dilaksanakan acara menyanyi bersama lagu nasional dan kebangsaan yang melibatkan 48 kota. Tidak hanya di Indonesia, kegiatan juga digelar di delapan kota di negara lain yang terdapat KBRI.

Kompetisi menyanyi Harmoni Indonesia 2018 diikuti oleh peserta dengan kisaran usia 17-25 tahun. Jumlah peserta solo sebanyak 23 orang, 15 grup yaitu tiga grup duet, tiga grup trio dan sembilan grup dengan total peserta 51 orang. [wah]
Editor:

Kolom Komentar


Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019
Video

Mulai Panas, Nasdem Sindir PKB

Kamis, 18 Juli 2019