Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selamat Berpesta Olahraga!

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Sabtu, 18 Agustus 2018, 07:13 WIB
Selamat Berpesta Olahraga<i>!</i>
TIDAK lama berselang setelah FIFA World Cup sebagai pesta sepakbola terbesar di dunia pada tahun 2018 diselenggarakan di Rusia, Asian Games sebagai pesta  olahraga terbesar Asia pada tahun 2018 diselenggarakan di Indonesia.

Tuan Rumah

Cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Jakarta, Palembang dan beberapa tempat di Banten dan Jawa Barat sejumlah 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade.

Jakarta dan Palembang disetujui menjadi tuan rumah Asian Games XVIII oleh Dewan Eksekutif Dewan Olimpiade Asia pada 19 September 2014.

Penyelenggaraan Asian Games XVIII yang awalnya akan diadakan pada tahun 2019 kemudian dimajukan menjadi tahun 2018 karena pada tahun 2019 Indonesia menyelenggarakan pemilihan presiden dan legislatif.

Semula Hanoi, Vietnam terpilih sebagai tuan rumah namun mengundurkan diri akibat kendala keuangan.

Pertama

Untuk pertama kali, Asian Games diselenggarakan sekaligus di dua kota. Untuk pertama kali pula, eSports dan polo kano akan ditampilkan sebagai olahraga eksibisi. eSports diwacanakan akan menjadi pertandingan medali pada Pesta Olahraga Asia 2022 di Hangzhou.

Keindahan suasana damai hadir pada rencana para atlet Korea Utara dan Korea Selatan akan bergabung menjadi satu Korea pada laga bidang bola basket, perahu naga dan dayung. Maka pada Asian Games 2018 akan ada tiga Korea yaitu Korea Utara, Korea Selatan dan Korea Bersatu.

Indahnya Damai

Kehadiran para atlet dari Iran, Irak, Saudi Arabia, Qatar, Taiwan, China, Yaman, Palestina pada perhelatan Asia Games 2018 di persada Nusantara membawa makna tersendiri bagi planet bumi yang sedang dirundung angkara murka kekerasan.

Secara mengharukan pada laga penyisihan Grup A yang diselenggarakan dua hari sebelum upacara pembukaan Asian Games XVIII, tim sepakbola Indonesia dan Palestina seusai sengit bertarung (skor 1-0 untuk Palestina) langsung sujud bersama di tengah lapangan sepakbola diiringi tepuk tangan para penonton.

Selamat Berpesta Olahraga

Kita ucapkan selamat datang kepada para atlet dari 44 negara peserta Asian Games 2018. Dan tentu saja kita ucapkan selamat berjuang kepada para atlet kebanggaan Indonesia.

InsyaAllah, para pendekar olahraga Indonesia akan berhasil meningkatkan perolehan medali dari peringkat ke 17 di Asian Games 2014 masuk ke kelompok 10 besar Asian Games 2018.

Selamat berpesta olahraga di Indonesia. Merdeka! [***]

Penulis mendambakan prestasi terbaik para putra-putri terbaik Indonesia

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA