Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belum Ada Laporan Korban Gempa Di Manggarai barat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 18 Agustus 2018, 01:42 WIB
Belum Ada Laporan Korban Gempa Di Manggarai barat
Ilustrasi/Net
rmol news logo Badan Nasional Penanggulangan Bencana belum menerima data korban jiwa dari gempa bumi 6,7 Skala Richter yang mengguncang Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Gempa dirasakan sedang oleh masyarakat di Manggarai Barat selama dua tiga detik. Tidak ada kepanikan, sebagian masyarakat keluar rumah. Belum ada laporan kerusakan rumah, bangunan dan adanya korban jiwa," jelas Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan, Sabtu (18/8).

Gempa yang terjadi pukul 22:35:00 WIB berpusat di 125 kilometer Barat Laut Manggarai Barat, Guncangan gempa juga dirasakan daerah lain seperti Mataram dengan kekuatan ringan selama tiga detik. Lombok Tengah dengan kekuatan ringan selama tiga sampai empat menit. Sementara itu, Kota Ende dengan kekuatan sedang selama tiga detik.

"Kekuatan gempanya cukup besar berada pada kedalaman dasar laut yang dalam (559 kilometer), sehingga dampak guncangan yang dirasakan tidak keras," kata Sutopo.

Sutopo memprediksi gempa tersebut tidak akan menimbulkan kerusakan. Hal tersebut melihat intensitas gempa yang dirasakan maksimal sedang.

"Umumnya bangunan tidak mengalami kerusakan. Bangunan akan mengalami kerusakan parah jika menerima intensitas gempa dirasakan lebih besar dari VI MMI (keras) seperti di Lombok tempo hari," demikian Sutopo. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA