Bulan Depan, Presiden Korsel Temui Kim Jong Un Di Pyongyang

Selasa, 14 Agustus 2018, 07:57 WIB | Laporan: Widian Vebriyanto

Kim Jong Un dan Moon Jae In/Net

Dua pemimpin Korea akan kembali bertemu pada bulan September mendatang. Kepastian itu dapat setelah perwakilan Korea Selatan yang dipimpin Menteri Unifikasi Cho Myoung Gyon dan perwakilan Korea Utara yang dipimpin Ketua Komite untuk Reunifikasi Damai Negara, Ri Son Gwon, Senin (13/8) lalu.

Pertemuan antara Presiden Korsel Moon Jae In dan Pemimpin Korut Kim Jong Un akan digelar pada di Pyongyang bulan depan.

Pertemuan itu merupakan bagian dari komitmen atas Deklarasi Panmunjom bulan April lalu. Dalam deklarasi itu, dinyatakan bahwa Moon akan mengunjungi Pyongyang di musim gugur. Tujuannya untuk membahas pelaksanaan deklarasi  damai tersebut.

Adapun dalam pretemuan antara Cho dan Ri, kedua negara turut membahas mengenai banyak masalah seputar pelaksanaan Deklarasi Panmunjom dan kerjasama lintas batas.

Termasuk, peristiwa penting seperti reuni keluarga yang dipisahkan oleh Perang Korea 1950 hingga 1953, kerjasama di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, dan pembukaan kantor penghubung gabungan di kota perbatasan Kaesong.

Cho mengatakan bahwa topik denuklirisasi dan rezim perdamaian di Semenanjung Korea juga dibahas.

"Korea Utara mengatakan melakukan yang terbaik dalam denuklirisasi dan menguraikan upaya itu, sementara kami menekankan perlunya proses untuk berjalan maju dengan cepat," kata Cho seperti dikutip The Korea Herald. [ian]

Kolom Komentar


Video

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Kamis, 11 Juli 2019
Video

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Jumat, 12 Juli 2019
Video

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Senin, 15 Juli 2019