Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Empat Anggota PAW Diingatkan Soal Sosialisasi Empat Pilar MPR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 03 Agustus 2018, 15:25 WIB
Empat Anggota PAW Diingatkan Soal Sosialisasi Empat Pilar MPR
Foto/Humas MPR
rmol news logo Wakil Ketua MPR Mahyudin memandu pengucapan sumpah dan melantik empat anggota MPR Pengganti Antar Waktu (PAW) 2014 - 2019 di Ruang Delegasi Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (3/8).

Keempat anggota MPR PAW yang dilantik adalah Zairina, Sip dari Fraksi Partai Hanura, dan tiga anggota dari fraksi Golkar Gandung Pardiman,  Maman Abdurrahman dan Jerry Sambuaga.

Mahyudin menegaskan sesuai UU No 17 Tahun 2014, MPR mempunyai tugas untuk melaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI yaitu Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, UUD NKRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Karena itu, Mahyudin berharap, anggota MPR yang baru dilantik ikut aktif mensosialisasikan Empat Pilar MPR yang menjadi tugas dan tanggungjawab MPR sebagaimana diamanatkan oleh UU No 17 Tahun 2014.

"Sosialisasi Empat Pilar itu penting untuk menghadapi tantangan kebangsaan," kata Mahyudin.

Salah satu tantangan kebangsaan itu adalah kurangnya keteladanan tokoh dan pemimpin bangsa.

Menurut Mahyudin, saat ini kita melihat kurangnya keteladanan tokoh dan pemimpin bangsa. Apalagi akhir-akhir ini banyak anggota MPR yang bermasalah dengan hukum.

Banyak anggota MPR yang berurusan dengan KPK. Di satu sisi MPR ingin memberikan contoh kepada rakyat Indonesia melalui penyampaian sosialisasi Empat Pilar MPR.

Untuk itu Mahyudin ingin menitipkan pesan kepada anggota MPR yang baru dilantik untuk bersama-sama membangun citra baik bagi MPR.

"Kita memberikan contoh dan membangun internalisasi kebangsaan di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Pelantikan anggota MPR PAW ini dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 9 ayat 3 Peraturan MPR No 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib MPR yang menyebutkan anggota PAW mengucapkan sumpah dan janji dipandu Pimpinan MPR paling lambat 30 hari setelah dilantik sebagai anggota DPR atau anggota DPD.

Pengucapan sumpah dan pelantikan empat anggota MPR PAW ini dihadiri Wakil Ketua MPR E.E. Mangindaan, Pimpinan Fraksi Partai Golkar Agun Gunanjar, Sesjen MPR Ma'ruf Cahyono.

Anggota MPR yang dilantik Zairina berasal dari Dapil Jawa Timur XI, Gandung Pardiman dari Dapil DI Yogyakarta, Maman Abdurrahman dari Dapil Kalimantan Barat, dan Jerry Sambuaga dari Dapil Sulawesi Utara. [nes]


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA