Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasokan Aman, H+3 Lebaran Harga Bahan Pangan Turun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 18 Juni 2018, 22:57 WIB
Pasokan Aman, H+3 Lebaran Harga Bahan Pangan Turun
Foto/Net
rmol news logo Harga bahan pangan di hari ketiga pasca Lebaran tetap stabil. Demikian dikatakan oleh. Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Kementerian Pertanian, Riwantoro di Jakarta, Senin (18/7).

“ Di Ibukota harga hampir semua jenis beras cenderung turun,” ujarnya.

Tak hanya beras, sejumlah bahan pangan juga mengalami penurunan harga yang cukup signifikan, diantaranya minyak goreng kuning, minyak goreng curah, cabai merah dan keriting, bawang merah besar, bawang putih, gula pasir, tepung terigu hingga kentang.

“Sementara daging sapi baik sapi khas maupun sapi murni harganya turun Rp 3.000 rupiah lebih per kilogramnya. Harga ini berdasarkan pantauan pada sejumlah pasar di 5 wilayah DKI Jakarta,” jelasnya.

Riwantoro mengatakan bahwa kestabilan bahan pangan juga terjadi di sejumlah wilayah Tanah Air seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah. Diketahui harga bawang murah di Pasar Karang Ploso, Kabupaten Malang. Jawa Timur hanya Rp 6.000 per kilogram. Hal yang sama juga terjadi di Pasar Induk Kartosuro, Sukoharjo, Jawa Tengah. Di dua pasar tersebut, diketahui rata-rata harga cabai merah keriting hanya Rp 35.000 per kilogram dan daging ayam Rp46.000 per kilogram.

“Harga pangan relatif stabil dibanding pekan sebelumnya, dan pasokan pangan cukup aman,” ungkapnya,

Sementara itu di Pasar Dawe, Kabupaten Kudus,Jawa Tengah diketahui harga cabai merah dan cabai merah rawi sekitar Rp25.000 per kilogram. Hal yang sama juga terjadi di Pasar Salaman, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Selain Cabai, sambungnya, komoditas pangan yang harganya turun adalah daging sapi yang sempat menembus angka Rp 150 ribu per kilogram turun menjadi Rp 135 ribu per kilogram, tepung terigu Rp 7.000 per kilogram. Harga yang sama juga terjadi di Pasar Induk Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat untuk komoditas uang sama.

“Secara keseluruhan, harga pangan relatif stabil cenderung turun. Telur ayam ras turun harga menjadi Rp 500 per kilogram. Pasokan juga relatif stabil antara 1 hingga 12,5 ton per hari untuk berbagai komoditi,” ujarnya.

Riwantoro juga menjelaskan bila harga stabil tidak hanya terjadi di Pulau Jawa saja. Hasil pantauan tim BKP Kementan diketahui harga bahan pokok juga stabil di Pasar Pa'baeng Baeng Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Bahan pangan segar seperti cabai, daging sapi, ayam ras sampai sore kemarin dan hari ini belum ada pasokan sejak hari lebaran. Pasokan akan masuk mulai hari ini,” tegasnya. [fiq]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA