Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ada Peluang Besar Tingkatkan Ekspor Ke AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 15 Mei 2018, 22:52 WIB
Ada Peluang Besar Tingkatkan Ekspor Ke AS
Dito Ganinduto/Net
rmol news logo Wakil Ketua Komisi VI DPR Dito Ganinduto melihat ada peluang yang semakin luas bagi para eksportir Indonesia memperkenalkan dan menjual produk dalam negeri ke berbagai negara di dunia.

Hal itu dilihat dari surplus neraca perdagangan Indonesia dengan Amerika Serikat dalam dua tahun terakhir.

Di 2016, surplus perdagangan Indonesia-AS mencapai 8,47 miliar dolar AS. Sedangkan pada 2017 mencapai surplus mencapai 9,44 miliar dolar AS.

"Khusus untuk ekspor, total ekspor nonmigas sebesar 15,68 miliar dolar AS pada 2016. Sedangkan untuk 2017 meningkat menjadi 17,14 miliar dolar AS," papar Dito di Jakarta, Selasa (15/5).

Menyusul terbukanya peluang eksportir yang semakin besar, kebutuhan tenaga kerja dan lapangan kerja juga akan semakin bertambah. Hal ini diharapkan mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Untuk ekspor, kata Dito, kini sudah semakin gampang. Pelabuhan Tanjung Priok sudah mampu melayani kapal dengan kapasitas 10.000 TEUs untuk bersandar.

Hari ini, dia menyaksikan pelekasan Kapal MV. CMA CGM TAGE, yang merupakan kapal besar dengan layanan Java�"America Express (JAX) Service, yang secara rutin melayari rute Pelabuhan Tanjung Priok ke West Coast (Los Angeles & Oakland), Amerika Serikat.

Kapal ini menawarkan ocean freight yang lebih kompetitif dan waktu pengiriman yang cepat, yakni 24 hari untuk rute Jakarta-Los Angeles. Waktu pengiriman tersebut lebih cepat ketimbang kompetitor yang mencapai lebih dari 30 hari.

"Hal ini akan membuat daya saing produk ekspor Indonesia di Amerika Serikat," ucap politisi senior Partai Golkar itu.

Dengan bersandarnya kapal MV. CMA CGM TAGE di Tanjung Priok, membuktikan bahwa infrastruktur pelabuhan tersebut telah siap dan sesuai dengan standar yang dibutuhkan kapal besar. Harapan Pemerintah menjadikan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai Transshipment Port pun telah terwujud. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA