Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ternyata, Masyarakat Belum Banyak Tahu Jokowi Nyapres Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 05 Mei 2018, 16:49 WIB
Ternyata, Masyarakat Belum Banyak Tahu Jokowi Nyapres Lagi
Foto: Net
rmol news logo Ada sejumlah pendapat yang dikemukan responden saat ditanyakan soal sejumlah penantang petahana Presiden Joko Widodo dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Direktur Lembaga Survei KedaiKOPI, Vivi Zabkie menjelaskan, komunikasi temuan dari survei nasional yang diluncurkan April lalu, top of mind atau hal pertama yang diingat responden hasilnya bervariasi.

"Beberapa saja, kami ambil dari yang mewakili beberapa kriteria. Misalnya Prabowo yang merepresentasi militer juga partai politik, Rizal Ramli yang ahli ekonomi kerakyatan, TGB Zainul Majdi yang merupakan ulama sekaligus kepala daerah dan Agus Harimurti Yudhoyono yang merupakan alumnus Pilkada Jakarta, serta dicitrakan muda," kata dia dalam surat elektronik yang dikirimkan ke redaksi, Sabtu (5/5).

Untuk Prabowo, lanjut Vivi menjelaskan, responden yang mencitrakan tegas sebanyak 29, 9 persen, Sementara 21 persen responden menganggap mantan Danjen Kopassus itu tegas.

"Ketua Umum Gerindra (13,5 persen), calon presiden (10,5 presiden) dan ambisius (2,6 persen). Sisanya menjawab lainnya atau tidak tahu dan tidak jawab," sambungnya.

KedaiKOPI juga menanyakan responden soal sosok Rizal Ramli. Sebanyak 31, 4 persen tahu bahwa dirinya adalah mantan menteri. Lalu, 13, 4 persen responden tahu lantaran Rizal Ramli sering muncul di televisi.

"Sebanyak 10 persen tahu RR politikus, ahli ekonomi (5,4 persen) dan orang baik (3,6 persen). Sisanya menjawab lainnya atau tidak tahu dan tidak jawab," jelasnya.

Kedai KOPI juga menanyakan responden tentang Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi.

"Publik mengatakan TGB adalah Gubernur NTB (9,1 persen), tokoh ulama (8,3 persen), religius (5,9 persen), ahli agama (4,9 persen) dan politikus (4,1 persen). Sisanya menjawab lainnya, tidak tahu atau tidak jawab," terang Vivi.

Saat responden ditanya soal Agus Harimurti Yudhoyono, lanjutnya top of mind publik adalah anak dari Susilo Bambang Yudhoyono sebesar 42,9 persen.

"Muda hanya 4,8 persen, TNI (3,7 persen), bekas calon gubernur (3,1 persen) dan tegas (2,1 persen). Sisanya menjawab lainnya, tidak tahu atau tidak jawab," jelasnya Vivi.

Lalu bagaimana dengan Joko Widodo? Rata-rata responden belum banyak yang tahu kalau Jokowi akan mencalonkan diri kembali sebagai Presiden RI.

"Yang menjawab Presiden RI ada 37,9 persen, merakyat 15,4 persen, sederhana 6 persen, santun 3,8 persen dan sisanya menjawab lainnya, tidak tahu atau tidak jawab," tandasnya. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA