Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

MAPAN Dukung Kementan Jadikan Sektor Pertanian Prioritas Pembangunan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 08 Juni 2017, 15:58 WIB
MAPAN Dukung Kementan Jadikan Sektor Pertanian Prioritas Pembangunan
Kedaulatan Pangan/net
rmol news logo Ketua Masyarakat Peduli Pangan Nusantara (MAPAN), Wignyo mendukung upaya kementerian pertanian (kementan) untuk merealisasikan amanat nawa cita pemerintahan Jokowi-JK yakni membangun negara dari pinggiran dengan memperkuat sektor pertanian menjadi program prioritas pembangunan nasional.

Pasalnya, kata dia, Indonesia merupakan negara agraris yang mayoritas penduduknya adalah petani. Kemudian, sebanyak 60 persen penduduk miskin ada di pedesaan yang sebagian besarnya merupakan petani bahkan buruh tani.

“Karena itu, MAPAN berkomitmen penuh untuk selalu konsen mendukung kementan dalam terciptanya kedaulatan pangan dan meningkatkan taraf ekonomi petani, sebagai salah satu usaha menjaga stabilitas negara,” kata Wignyo kepada redaksi, Kamis (8/6).

MAPAN akan terus mendorong pembangunan pertanian dari hulu sampai hilir, terutama untuk hulu yang harus dibangun sebagai fondasi. Contohnya kata dia yakni peningkatkan akses, kemudahan petani untuk mendapatkan produk hulu sebagai sarana produksi, juga pengetahuan dan kesadaran dalam menggunakan benih unggul.

“Yang terpenting, MAPAN fokus pada pemberdayaan masyarakat pedesaan agar berdaulat akan benih lokal unggul. Petani tidak lagi bergantung pada benih impor yang membuatnya menunda masa tanam. Dengan masalah benih saja, petani dipastikan sejahtera dan kedaulatan pangan pun segera terwujud,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Wignyo MAPAN akan siap sebagai mitra pemerintah untuk menciptakan dalam membangun dan menyediakan kebutuhan dan stok benih nasional.

"Kami akan melaksanakan pelatihan bagi penangkar-penangkar benih pemula dan kawasan sentra benih baru dalam memudahkan akses petani memperoleh benih unggul,” imbuhnya.

Ketua MAPAN Jombang, Wahyu Widyanarko menambahkan mendukung program Kementerian Pertanian yakni swasembada padi dan jagung, sebagai komoditi unggulan Kabupaten Jombang. MAPAN Jombang terus bersosialisasi kepada petani agar para petani bergairah untuk bertani. Dengan begitu, petani dapat meningkatkan produksi padi dan jagung dalam volume yang lebih besar untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

“MAPAN akan terus berinovasi agar para petani dapat meningkatkan produksi padi dan jagung guna mendukung program Nawacita Jokowi-JK di sektor pertanian,” demikian Wahyu.[san]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA