Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mempersiapkan Agar Lansia Tidak Jadi Beban

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 26 Mei 2016, 20:55 WIB
Mempersiapkan Agar Lansia Tidak Jadi Beban
ist
rmol news logo MPR RI menggelar acara Wakil Rakyat Bicara Buku dengan mengupas buku berjudul Peran Lansia Dalam Pembangunan. Hadir sebagai pengupas buku mantan menteri kependudukan dan BKKBN Haryono Suyono, dosen kependudukan Universitas Indonesia (UI) Paulus Wirutomo, Adhi Santika, dan Endang Mulia Astuti
 
Wakil Sekretaris Jenderal MPR Selfi Zaini dalam sambutannya mengatakan acara bedah buku yang mengambil tema mengenai lansia sangat bermanfaat. Menurutnya, hal itu menuntut setiap orang mempersiapkan diri agar kelak saat memasuki lanjut usia tidak memberatkan orang lain.

"Mudah-mudahan dalam acara ini kita bisa memetik hikmahnya," ujarnya di Ruang Presentasi Perpustakaan MPR, Jakarta, Kamis (26/5).

Irna Permatasari yang juga penulis buku soal lansia dalam kesempatan itu menuturkan, di antara negara yang paling peduli pada lansia adalah China. Di negara itu, lansia sangat diperhatikan, di mana setiap hari-hari tertentu para lansia dianjurkan untuk senam dan mendengarkan musik. Juga disediakan ruang terbuka hijau dan taman agar di tempat itu para lansia bisa menikmati masa tuanya.

Ditambahkannya, orang yang merawat lansia di rumah sendiri maka akan diberi tunjangan oleh pemerintah.

"Kepedulian negara China pada lansia disebabkan negara itu berusaha keras agar marga keturunan bisa dipertahankan," demikian Irna. [wah] 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA