Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Megawati Maunya Perempuan Indonesia Enggak Lembek

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 12 Mei 2016, 16:51 WIB
Megawati Maunya Perempuan Indonesia <i>Enggak</i> Lembek
megawati soekarnoputri/net
rmol news logo Wanita Indonesia harus menjadi lebih kuat sehingga mampu membela dirinya apabila mendapat kekerasan seksual dari oknum yang tidak bertanggungjawab.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu dikatakan Ketua Umum PDI Perjuangan tersebut dalam acara deklarasi Indonesia Melawan Kejahatan Seksual yang bertajuk 'Sahkan UU Penghapusan Kekerasan Seksual' di Rumah Kuliner, Kompleks Metropol Megaria, Jalan Pegangsaan, Jakarta, Kamis (12/5).

"Saya suka gemas jika lihat wanita yang lembek. Bukan berarti tidak dandan atau kelaki-kelakian, bukan seperti itu. Tapi yang bisa membela dirinya," kata dia.

Perempuan yang kuat, terang Megawati, akan sangat membantu untuk melindungi dirinya terhadap ancaman dari tindak kekerasan apapun. Atau paling tidak, perempuan harus mempersenjatai dirinya untuk jaga diri.

"Atau minimal punya semprotan merica (pepper spray) seperti yang dimiliki polisi untuk jaga diri. Kita harus lebih peduli dan ajari anak-anak untuk waspada, sehingga peristiwa seperti Yuyun tidak terjadi lagi," terangnya.

Untuk kaum ibu, pesan Puteri Presiden Soekarno itu, agar mau memberikan pemahaman kepada anak mengenai bahaya kekerasan seksual.

"Apa susahnya menyampaikan seperti itu? Menjaga keamanan dan membela harga diri adalah hak kita," tegas Megawati.

Wakil Ketua Komnas Perempuan Budi Wahyuni menjelaskan, tindakan kekerasan seksual tidak hanya sebatas pemerkosaan. Namun, berupa pemaksaan berhubungan intim, penyiksaan seksual, hingga perbudakan seksual.

"40 persen kasus yang dilaporkan berhenti di kepolisian, 10 persen sampai ke pengadilan. Sisanya hanya diselesaikan dengan cara mediasi," tandasnya di tempat yang sama. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA