Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

LMND: Pemerintah Harus Kuasai Aset Freeport!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 27 Januari 2016, 23:15 WIB
LMND: Pemerintah Harus Kuasai Aset Freeport<i>!</i>
ilustrasi/net
RMOL. Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) menyampaikan sembilan tuntutan kepada pemerintahan Joko Widodo â€" Jusuf Kalla. Sembilan tuntutan ini akan disampaikan oleh mereka di beberapa titik di Jakarta, selama beberapa hari ke depan.

Ketua Umum LMND Jami Kuna mengatakan bahwa tuntutan tersebut akan disampaikan dalam bentuk aksi ke Gedung Pemberantasan Korupsi (KPK), Kantor PT Freeport, Kantor Kementerian ESDM, Gedung DPR RI dan Istana Negara.

Adapun sembilan tuntutan pertama mereka, yakni mendesak pemerintah melakukan nasionalisasi aset-aset strategis yang dikuasai asing, seperti Freeport. Kedua, aparat penegak hukum mengusut tuntas mega skandal korupsi BLBI, ketiga meminta pemerintah berpihak pada kepentingan rakyat Indonesia dengan membuat kebijakan jaminan kesehatan gratis bagi rakyat miskin yang membutuhkan.

Lalu, tuntutan keempat, yakni meminta pemerintah membangun lapangan pekerjaan serta memberikan upah layak nasional. Kelima, mendesak pemerintah menurunkan harga-harga kebutuhan pokok.

Keenam, LMND berpendapat bahwa utang luar negeri bukanlah solusi untuk membangun Indonesia. Karenanya, pemerintah diminta menghentikan aksi utang luar negeri untuk pembangunan nasional.

Ketujuh, menolak kebangkitan militerisme dan pemberian wewenang aparat Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menangkap serta menahan orang. Delapan, LMND meminta dicopotnya Komisioner KPK yang berpihak para koruptor dan terakhir meminta KPK menangkap dan mengadili serta menyita harta koruptor untuk kesejahteraan rakyat. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA