Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Arus Investasi Jepang Tahun 2016 Ditargetkan Rp 176 Triliun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 13 Desember 2015, 00:16 WIB
rmol news logo . Badan Koordinasi Penanaman Modal menargetkan komitmen investasi Jepang pada tahun 2016 mencapai angka 13 miliar dolar AS (sekitar Rp 175,5 triliun dengan kurs Rp 13.500). Nilai komitmen investasi tersebut ditunjukkan melalui jumlah izin prinsip yang diperoleh  perusahaan Jepang yang menanamkan modalnya ke Indonesia.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani menyampaikan target pencapaian izin prinsip ini di hadapan Dubes RI untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra, Wakil Dubes Ben Perkasa Drajat serta jajaran diplomat dan atase di lingkungan KBRI Tokyo kemarin (11/12). Dalam kesempatan tersebut, Kepala BKPM menyampaikan beberapa perbaikan iklim investasi maupun peluang dan potensi investasi yang menjadi prioritas pemerintah untuk ditawarkan.

"Karakteristik investor Jepang yang khas membutuhkan kerjasama seluruh pihak, baik pemerintah pusat dan daerah. Kami berharap BKPM dan KBRI Tokyo dapat terus meningkatkan kerjasamanya untuk menarik sebanyak-banyaknya investor Jepang masuk ke Indonesia," kata Kepala BKPM Franky Sibarani dalam keterangan resminya kepada pers, hari ini (12/12).

Menurut Franky, Jepang merupakan negara asal investasi terbesar kedua di Indonesia setelah Singapura, dengan total nilai investasi mencapai USD 14,6 miliar dan berkontribusi sebesar 10,5 persen dari total seluruh nilai investasi yang masuk dalam periode 2010 hingga Kuartal III 2015.

"Sektor investasi terbesar yang berasal dari Jepang berturut-turut adalah industri transportasi; industri logam, permesinan dan elektronik; industri kimia dan farmasi; perumahan, kawasan industri dan perkantoran; serta industri makanan. Sementara dari sisi distribusi lokasi investasi 95 persen investasi yang berasal dari Jepang masih terfokus di pulau Jawa, dan sisanya tersebar di daerah lainnya di Indonesia," paparnya.

Kunjungan kerja Kepala BKPM ke Jepang juga dimanfaatkan menyampaikan perkembangan iklim investasi di Indonesia terutama terkait layanan izin investasi 3 jam kepada 183 investor Jepang yang menghadiri kegiatan Seminar on Investing in Indonesia’s Industrial Sectors: opportunities for Japanese SMEs.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Executive Director Kadin Jepang Takashi Kugai, perwakilan Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih, Deputy Director JETRO Hideki Fujie, perwakilan SMBC Masaya Hiramaya, Direktur IIPC Tokyo Saribua Siahaan dan Marketing Officer BKPM Husen Maulana.

Selain presentasi di hadapan 183 investor Jepang tersebut, Kepala BKPM juga melakukan one-on-one meeting dengan beberapa perusahaan yang berminat  menanamkan modalnya di Indonesia. Dari data BKPM periode 22 Oktober 2014 hingga 4 Desember 2015 tercatat minat investasi Jepang tercatat US$ 11,4 miliar (setara dengan Rp 153,9 triliun dengan kurs Rp 13.500) dan komitmen investasi ditandai dengan perusahaan Jepang yang telah mendapatkan izin prinsip mencapai US$ 5,7 miliar (Rp 76,9 triliun). [ysa]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA