Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masyarakat Romania Padati Pasar Indonesia di Bucharest

Selasa, 19 Mei 2015, 01:06 WIB
rmol news logo Goyangan lentur penari Bali, kelincahan penari Piring, alunan orkestra Angklung, atraksi silat Bangau Putih, dan lenggak-lenggok sejumlah model Romania berpakaian batik mengundang decak kagum masyarakat Romania di Bucharest.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tepuk tangan riuh mengiringi sejumlah pertunjukan dalam rangkaian acara promosi budaya Indonesia dengan tajuk Piaţa Indonezia (Pasar Indonesia) yang diselenggarakan di halaman KBRI Bucharest, Romania, Sabtu (16/5).

Pengunjung juga menikmati berbagai kuliner khas Indonesia seperti nasi goreng, bakso, sate ayam, nasi rendang, bakwan, rempeyek, risoles, martabak, dadar gulung, onde-onde. Makanan tersebut disantap dengan nikmat ditemani kesegaran es teler dan es teh manis di bawah cuaca Bucharest yang cukup bersahabat menjelang masuknya musim panas.

Kegiatan Piaţa Indonezia merupakan kolaborasi bersama KBRI Bucharest dengan masyarakat dan diaspora Indonesia yang menetap di Romania. Kolaborasi tersebut melahirkan ajang promosi budaya Indonesia yang untuk kali pertama diselenggarakan di halaman KBRI Bucharest. Piata Indonesia turut dihadiri oleh kalangan diplomatik, akademisi, pengusaha dan publik umum Romania.

Duta Besar RI, Diar Nurbintoro, menjelaskan bahwa acara Piaţa Indonezia merupakan salah satu cara untuk semakin mengenalkan aneka ragam budaya Indonesia di Romania. Kegiatan ini juga dalam rangka mengisi rangkaian kegiatan peringatan HUT-RI ke-70 dan hubungan bilateral Indonesia-Romania ke-65 yang jatuh pada bulan Februari 2015.

"Dengan diselenggarakannya acara ini diharapkan masyarakat Romania dapat mengenali Indonesia secara utuh dalam bidang budaya, produk dan kuliner serta diharapkan dapat memperluas kerjasama dan pengetahuan publik Romania terhadap keanekaragaman Indonesia," ujarnya.

Pengunjung terlihat antusias menyaksikan atraksi dan sajian menikmati kuliner yang ada. Tak lupa pula mereka mengujungi sejumlah stand yang menjual kerajinan khas Indonesia dalam bentuk handicraft dan kain batik serta beberapa orang pengunjung tampak menikmati pijatan khas Bali oleh para terapis Indonesia yang bekerja dan menetap di Romania.

Anak-anak juga tampak asyik menggambar di stand yang disediakan khusus untuk anak. Mereka juga terlihat senang bermain di halaman KBRI Bucharest sedangkan orangtuanya menonton atraksi budaya yang ditampilkan atau mencicipi aneka makanan Indonesia yang dijual.

Di belakang alunan lagu Tapanuli Alusi Au, Ketua Umum Piaţa Indonezia, Eddy Wibowo, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu sumbangsih WNI di Romania kepada Indonesia.

"Kita ingin Indonesia lebih dikenal lagi di Romania. Kita upayakan kegiatan ini dapat berjalan rutin setiap tahun, tentunya dengan kontribusi aktif dari para anggota komunitas Indonesia," ucapnya.[dem]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA