Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menanti Oposisi Spektakuler

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/hendri-satrio-5'>HENDRI SATRIO</a>
OLEH: HENDRI SATRIO
  • Jumat, 22 Agustus 2014, 06:49 WIB
Menanti Oposisi Spektakuler
MK malam tadi (Kamis, 21/8) telah memutuskan untuk menolak semua permohonan Prabowo-Hatta dalam sengketa Pilpres 2014. Artinya, Indonesia kelak akan resmi dipimpin oleh pasangan Jokowi-JK untuk 5 tahun mendatang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Apapun alasannya hal ini harus disyukuri dan didukung oleh seluruh rakyat Indonesia.

Banyak politisi mengatakan bahwa kemenangan Jokowi-JK adalah kemenangan rakyat.

Nah untuk yang satu ini saya tidak setuju. Layaknya sebuah kompetisi, tidak ada kemenangan bersama untuk dua kubu sekaligus. Ini jelas kemenangan Jokowi-JK dan pendukungnya. Pendukung Prabowo-Hatta harus legowo sebagai pihak yang kalah.

Namun roda kehidupan bernegara harus terus berputar. Bagi pihak yang menang segera jalankan amanah dan buat negara ini lebih baik.

Bagi pihak yang belum mendapat dukungan mayoritas dari rakyat masih dapat terus berkontribusi bagi pembangunan bangsa ini. Menjadi oposisi yang strategis dan kritis adalah pilihan terhormat.

Menjadi oposisi bukanlah posisi yang harus selalu mengkritik, tidak setuju atau menghujat kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Menjadi oposisi harus dapat menjadi ‎penyeimbang pemerintah dengan kajian kritis, memberi pandangan dengan perspektif lain dengan usulan solusi yang dapat jadi masukan untuk pemerintah.

Bila oposisi sudah mengambil peran seperti itu maka inilah oposisi spektakuler yang kelak setiap pandangan kritisnya juga dapat digunakan untuk memajukan bangsa.

Oposisi spektakuler bagaikan menanam benih kepercayaan untuk rakyat dan memanen buahnya lima tahun mendatang. Kehadiran oposisi spektakuler dapat menjaga dan mendorong pemerintah terpilih untuk selalu memberikan dan melaksanakan program terbaik untuk rakyat.

Bila Golkar dan Demokrat yang pernah mendapat kepercayaan rakyat dalam menjalankan roda pemerintahan memutuskan untuk menjadi oposisi kritis maka akan baik sekali bagi Indonesia. Hal ini akan memaksa pemerintah Jokowi-JK untuk hanya mengeluarkan program terbaik bagi rakyat.

Saya ucapkan terima kasih kepada Prabowo-Hatta yang telah mencoba memberikan pilihan lain kepada rakyat dalam memilih presiden ke-7 Indonesia. Selamat kepada pemenang Pilpres 2014   Jokowi-JK. Selamat bekerja! Buktikan janji-janji anda, selesaikan amanah rakyat dan bawalah Indonesia ke jenjang yang lebih baik! [***]

Penulis adalah pengamat komunikasi politik. Dapat dihubungi di akun Twitter @satriohendri.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA