Naik Tugu Monas, Pengunjung Wajib Pakai Gelang Khusus

Jumat, 01 Agustus 2014, 12:24 WIB | Laporan: Elitha Tarigan

foto:net

Pengunjung yang ingin naik ke puncak tugu Monumen Nasional diharuskan menggunakan gelang khusus.

"Kita akan terapkan mulai hari ini," ujar Kepala Unit Pengelola Tugu Monas Rini Hariyani saat dihubungi, Jumat (1/8).

Rini menjelaskan, pengunjung yang membeli tiket masuk kawasan Tugu Monas akan mendapatkan satu gelang. Gelang beraneka warga itu akan memuat keterangan jam berkunjung kawasan itu sehingga wisatawan tidak perlu antri panjang saat naik ke puncak.

"Jadi gelang itu sesuai dengan jam, warnanya beda-beda dan ada tertera jam kunjungan sehingga pengunjung tahu jam berapa dia naik dan tidak perlu antri berjam-jam," katanya.

Ia mengingatkan bahwa gelang tersebut harus dikembalikan kepada petugas. Ada delapan jenis warna gelang dengan durasi kunjungan di atas tugu Monas selama satu jam.

Tiap warna dicetak sebanyak 200 unit. Artinya, setiap satu kali naik ke puncak Monas dibatasi hanya untuk 200 orang. Diharapkan dengan sistem ini pengunjung lebih tertib dan teratur. Apalagi mengunjungi puncak Monas tidak boleh melebihi kapasitas karena berbahaya.

"Jadi kalau misalnya dia datang jam 10 tapi giliran jam berkunjung yang dia dapat jam 2, ya dia bisa keliling dulu. Antrinya enggak perlu berlama-lama," jelasnya.[wid]

Kolom Komentar