Ayo, Padamkan Listrik 60 Menit Saja Saat Earth Hour Blue 2014

Kamis, 13 Februari 2014, 18:22 WIB | Laporan: Elitha Tarigan

FOTO:NET

World Wide Fund For Nature (WWF) kembali mengkampanyekan penghematan listrik dengan tema Earth Hour Blue. Acara yang dilakukan untuk keenam kalinya ini akan dilakukan serentak di 32 kota di seluruh Indonesia.

"Indonesia adalah salah satu Earth Hour di dunia yang paling kuat digerakkan oleh komunitas dan digital. Dengan tim yang terus menerus aktif berkampanye sepanjang tahun menyerukan slogan ‘Ini Aksiku! Mana Aksimu?," ujar Communications & Advocacy Director WWF-Indonesia Nyoman Iswarayoga dalam konferensi pers yang dilakukan di FX Plasa, Jakarta, Kamis (13/2).

Secara serentak, masyarakat Indonesia diajak untuk memadamkan lampu dan peralatan listrik selama satu jam pada 29 Maret 2014 mendatang. Terhitung mulai pukul 20.30-21.30 waktu setempat.

Dibandingkan tahun 2013 lalu, kampanye kali ini turut mengajak dua kota tambahan, yakni Palembang dan Padang. 30 kota lain yang rutin mengikuti acara ini tahun 2013 lalu adalah Banda Aceh, Medan, Pekan Baru, Jabodetabek, Bandung, Cimahi, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Kota Batu, Sidoarjo, Kediri, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Denpasar, Pontianak, Palangka Raya, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Sangatta, Tarakan, Kotamobagu, Sorowako, dan Makassar.

Menurut Nyoman, kegiatan Earth Hour Blue ini akan melibatkan WWF Warriors dan Earth Hour City Champions. Seluruhnya akan bertugas mendorong aksi konservasi di lapangan atau melalui platfor yang baru.

"Kami harapkan kegiatan ini terus meluas menjangkau banyak orang untuk menjadikan hemat listrik sebagai pola hidup,” terangnya.

CEO and Co-Founder WWF, Andi Ridley mengatakan bila Indonesia adalah salah satu negara yang mendukung gerakan hemat listrik ini. Hal tersebut terlihat dari jumlah kota yang terus meningkat untuk mengikuti kegiatan ini.

"Kami ingin memberikan sesuatu yang positif bagi bumi. Dan kami berterima kasih untuk komunitas masyarakat Indonesia yang selalu setia mendukung gerakan ini," katanya.

Sedangkan untuk tingkat global, di tahun 2014 ini akan ada sekitar 7 ribu kota dari 160 negara yang akan ikut serta kegiatan ini. Seluruhnya akan serentak mematikan lampu pada 29 Maret 2014 nanti. Di Indonesia sendiri, Nadia Hutagalung dipilih sebagai brand ambassador untuk elephant warrior, Joe Taslim sebagai WWF Tiger Warrior dan Aryo Bayu sebagai WWF Orang Utan Warrior.[wid]
Tag:

Kolom Komentar