Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Infrastruktur Faktor Penunjang Swasembada Sapi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 24 November 2013, 14:48 WIB
rmol news logo Pemerintah optimis dapat mewujudkan swasembada daging sapi pada 2014 mendatang. Karena itu terus mengembangkan produktivitas sapi yang salah satunya diintegrasikan dengan perkebunan kelapa sawit dalam berternak.

Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian Syukur Iwantoro mengatakan, salah satu pendukung keberhasilan swasembada sapi adalah tersedianya infrastruktur yang memadai. Hal ini agar distribusi sapi hidup maupun daging sapi bisa lancar ke setiap daerah. Infrastruktur yang buruk akan menjadi penghambat, serta membuat biaya yang dikeluarkan tambah besar.

"Keterbatasan infrastruktur membuat sapi mendapat perlakuan tidak baik selama pengiriman. Apalagi pengiriman lewat jalur laut butuh biaya tambahan karena kapal pengangkut tidak bisa langsung bersandar," jelas Syukur di sela kunjungan kerja di Pangkalan Bun, ibu kota Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Minggu (24/11).

Menurutnya, kendala infrastruktur ini tidak bisa ditangani sendiri oleh Kementerian Pertanian. Seperti penyediaan pelabuhan khusus ternak yang butuh koordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perdagangan.

"Kita juga butuhkan dukungan di sektor lain, seperti halnya pembangunan infrastruktur. Tanpa didukung itu apapun yang kita lakukan tidak akan sampai ke pasar," tegas Syukur. [rus]
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA