Pedagang Kaki Lima Geruduk DPRD Serang

Selasa, 04 Desember 2012, 16:22 WIB

ilustrasi demo/ist

Puluhan pedagang kaki lima Pasar Induk Rau (PIR) Kota Serang, Banten, Selasa (4/12), melakukan unjuk rasa ke DPRD Kota Serang menolak relokasi tempat berjualan mereka.

Para pedagang kaki lima Pasar Rau tersebut meminta DPRD Kota Serang untuk membantu mereka agar tidak direlokasi dari halaman parkir yang mereka tempati sekarang ke lantai dua karena di lokasi baru tersebut pembeli sepi.

"Saya pernah berjualan selama dua bulan di lantai atas, tapi bukannya untung malah barang yang ada di rumah dijualin untuk kebutuhan hidup," kata Icih salah seorang pedagang roti saat diterima anggota Komisi II DPRD Kota Serang.

Para pedagang kaki lima menolak dipindahkan ke lokasi baru karena sudah ada kesepakatan dengan pihak pengelola pasar dengan menaikan retribusi sampai 50 persen.

"Kami juga pernah dijanjikan tidak akan diirelokasi asalkan retribusi bulanan naik 50 persen, itu sudah kami sanggupi. Tapi tetap saja harus pindah," kata Iwan pedagang kaki lima lainnya.

Sementara itu anggota Komisi II DPRD Kota Serang Furtasan Ali Yusuf mengatakan, para pedagang dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Serang sebelumnya sudah ada kesepakatan untuk direlokasi paling lambat Selasa (4/12).

Para pedagang kaki lima yang berada di areal parkir pasar tersebut harus pindah ke lantai dua dengan alasan mengganggu areal parkir.

"Kita mengharapkan Kota Serang ini pasarnya bersih dan tertib. Pemkota Serang sudah lama berupaya untuk melakukan penertiban, kita akui Kota Serang ini sekarang semrawut," kata Furtasan Ali Yusuf.

Ia mengatakan, untuk penertiban tersebut, dulu sudah ada kesepakatan antara dinas perindustrian dan perdagangan Kota Serang dengan para pedagang. Solusinya yakni para pedagang agar pindah ke atas tetapi ada penakan dari pedagang.

Pertemuan perwakilan para pedagang kaki lima dengan anggota dewan selama sekitar satu jam itu tidak menemukan kesepakatan karena para pedagang tetap menolak untuk dipindahkan ke lokasi baru.

Perwakilan para pedagang kaki lima Pasar Induk Rau diterima lima anggota Komisi I dan Komisi II DPRD Kota Serang yakni, Afiyaturahman, Furtasan Ali Yusuf, Inu Aminudin, Wawan Mulyawan dan Ahmad Rosadi. [ant/arp]
EDITOR:

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Kasih | Puisi Hari Ini

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Penangkapan Komplotan Pengganjal ATM di Semarang

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi

Selasa, 25 Februari 2020