Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Lagi, Aparat Bahrain Bubarkan Pendemo dengan Kekerasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 17 September 2011, 18:58 WIB
Lagi, Aparat Bahrain Bubarkan Pendemo dengan Kekerasan
ist
RMOL. Kekerasan terhadap para demonstran di Bahrain kembali terjadi. Kemarin (Jumat, 17/9), aparat keamanan Bahrain menembaki para demonstran usai mengikuti prosesi pemakaman Jawad Marhum, seorang demonstran yang meninggal akibat serangan gas air mata beberapa hari sebelumnya.

Kantor berita Aljazeera, hari ini (Sabtu, 17/9), melaporkan, tanpa tedeng aling-aling, aparat menembakkan gas air mata, peluru karet dan granat kejut ke arah ribuan masa yang melayat dan menghadiri pemakaman Marhum. Akibatnya, mayoritas dari pelayat berusaha meninggalkan prosesi tersebut.

Kematian Marhum sendiri masih menjadi polemik. Pihak oposisi Syiah terbesar di Bahrain, Al Wefaq, merilis kematian Jawad Marhun (26), akibat gas air mata yang ditembakkan aparat keamanan Bahrain ke rumah orangtuanya pada 10 September kemarin. Sementara pemerintah Bahrain sendiri menolak tuduhan oposisi. Menurut mereka, Jawad Marhun tewas karena penyakit pernapasan akut yang dideritanya.

Ketegangan di Bahrain semakin meningkat sejak pemerintah Bahrain dilanda aksi protes yang dimulai sejak pertengahan Maret lalu. Sejak itu, Pemerintah Bahrain selalu menggunakan kekerasan yang berlebihan untuk mengatasi para demonstran. Pemerintah Bahrain bahkan mengabaikan permintaan dialog terhadap para demonstran yang menuntut dilakukannya reformasi politik di Bahrain.

Menurut badan HAM Bahrain, The Bahrain Center for Human Rights (BCHR), pemerintah telah mengintensifkan penggunaan gas air mata untuk menghentikan demonstran. BHCR menyampaikan bahwa gas air mata yang digunakan pemerintah banyak dikeluhkan para demonstran, karena sangat membakar kulit.[dem]
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA