Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

Komisi V DPR: Penanganan Arus Mudik Tahun ini Harus Lebih Baik

Laporan: | Rabu, 28 Juni 2017, 14:59 WIB
Komisi V DPR: Penanganan Arus Mudik Tahun ini Harus Lebih Baik

Novita Wijayanti/RMOL

Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti mengatakan berdasarkan paparan yang telah disampaikan oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, dan Korlantas, pelaksanaan penanganan mudik tahun 2017 ini akan berjalan lebih baik dari sebelumnya.
 
"Beberapa antisipasi dan rekayasa sudah diatur agar kejadian pada tahun 2016 lalu tidak terulang kembali," ucap Novita di Brebes, Jawa Tengah, Kamis (15/6).
 
Dengan segala persiapan yang telah dilakukan oleh pemerintah, Novita berharap kepadatan arus mudik dapat terurai dan pelaksanaan angkutan Lebaran 2017 dapat berjalan dengan baik.
 
Senada dengan Novita, Anggota Komisi V DPR RI Syarief Abdullah Alkadrie juga mengatakan bahwa telah ada perbaikan dari sistem penanganan dan pengamanan arus mudik Lebaran dari tahun sebelumnya.
 
"Tinggal bagaimana implementasi, sebab kemungkinan sekecil apapun harus diantisipasi. Kita sudah melihat beberapa persiapan dan antisipasi bila terjadi masalah, sarana dan prasarana juga sudah lebih baik," kata Syarief.

Diantara sarana yang dimaksud dalah dengan membuat posko-posko terpadu yang dilengkapi dengan fasilitasnya, termasuk penanganan bagi pemudik yang sakit atau masalah kerusakan kendaraan pemudik.

"Bahkan untuk kondisi yang sulit, maka bisa dilakukan evakuasi dengan menggunakan Helikopter Basarnas," demikian Syarief.[san]
1xx

Kolom Komentar

Artikel Lainnya

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)