Ilustrasi. (Foto: Tribunenews.com)
Musim haji 2025 menjadi momen penting bagi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA). Maskapai pelat merah ini berhasil mencatatkan kinerja operasional terbaik dalam tiga tahun terakhir.
Laporan positif ini disampaikan langsung oleh Direktur Niaga Garuda Indonesia, Reza Aulia Hakim, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR R
di gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 22 September 2025.
Menurut Reza, tingkat ketepatan waktu (On-Time Performance atau OTP) operasional penerbangan haji tahun 2025/1446 Hijriah mencapai rata-rata 96,2 persen.
"Angka ini menjadi capaian terbaik Garuda Indonesia dalam tiga tahun terakhir. Hasil ini menunjukkan konsistensi kami dalam terus memperbaiki layanan penerbangan haji," ujar Reza.
Wewakili Direktur Utama Garuda Indonesia Wamildan Tsani yang berhalangan hadir di RDP dengan Komisi VI DPR karena harus mendampingi Presiden Prabowo Subianto dalam kunjungan kerja ke Amerika Serikat, Reza Aulia merinci OTP pada fase keberangkatan jemaah mencapai 96,4 persen, meningkat tajam dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 79,5 persen.
Kinerja serupa juga terlihat pada fase kepulangan di mana OTP naik menjadi 96 persen, jauh lebih baik dari angka 77,6 persen di tahun sebelumnya. Peningkatan drastis ini menjadi bukti nyata keseriusan manajemen baru Garuda dalam membenahi operasional.
Apresiasi sebelumnya disampaikan anggota Komisi VII DPR dari Fraksi PAN Sigit Purnomo Said atau yang dikenal Pasha Ungu melontarkan apresiasi. Dia menilai Garuda berhasil memberikan layanan terbaik bagi jemaah haji sejak keberangkatan ke Tanah Suci hingga kepulangannya.
“Alhamdulillah, Garuda Indonesia sangat mendukung suksesnya penyelenggaraan ibadah haji 2025. Kami berharap sinergi ini terus terjaga, dan kualitas pelayanan terus ditingkatkan demi memberikan yang terbaik bagi para tamu Allah,” kata Sigit yang juga anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR, Kamis, 18 September 2025.
Hal senada disampaikan anggota Komisi VII DPR sekaligus Timwas Haji DPR asal Fraksi Partai Gerindra, Muhammad Husni. Diakui, pelayanan Garuda Indonesia dalam mendukung pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini layak mendapatkan apresiasi.
“Garuda memberikan pelayanan yang bagus. Kami dari Timwas merasa nyaman dengan fasilitas dan ketepatan waktu yang diberikan. Jaga terus kualitas ini karena Garuda adalah maskapai kelas internasional,” kata Husni.
Keberhasilan tidak lepas dari berbagai langkah strategis yang diambil manajemen Garuda. Selain berfokus pada penambahan armada dan peningkatan efisiensi operasional, Garuda juga memastikan kesiapan pesawat dalam setiap operasi penerbangan, termasuk untuk penerbangan haji yang dikenal sangat kompleks. Dengan mengangkut total 91.198 jemaah yang terbagi dalam 247 kelompok terbang dari tujuh embarkasi, Garuda mengandalkan pengoperasian 14 pesawat berbadan lebar (wide-body) untuk melayani para jemaah.