Berita

Waspadai Penipuan Digital Bermodus Tautan Palsu/Rep

Bisnis

BRI Imbau Masyarakat Waspadai Penipuan Digital Bermodus Tautan Palsu

MINGGU, 20 JULI 2025 | 11:12 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

  PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mengimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap maraknya modus penipuan digital, khususnya melalui tautan palsu yang menyerupai situs resmi perbankan.

Peningkatan penggunaan layanan digital dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan siber untuk menyebarkan tautan palsu melalui pesan singkat, email, atau media sosial. 

Tautan tersebut mengarah ke situs tiruan yang dirancang menyerupai laman resmi BRI. Di situs tersebut, pelaku akan meminta data sensitif seperti user ID, PIN, OTP, password, atau informasi kartu. Jika data diisi, pelaku dapat mengakses rekening dan melakukan transaksi tanpa sepengetahuan nasabah.


Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, menegaskan bahwa keamanan merupakan prioritas utama dalam pengembangan layanan digital BRI.

“Bagi BRI, keamanan dan kenyamanan dalam layanan digital merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya saling melengkapi dan menjadi dasar utama dalam membangun serta menjaga kepercayaan nasabah,” ujar Hendy lewat keterangan tertulisnya, Minggu, 20 Juli 2025.

BRI terus memperkuat sistem perlindungan dengan pengembangan teknologi, pembaruan infrastruktur, dan penerapan standar keamanan di setiap lapisan sistem digital. 

Selain itu, nasabah juga didorong untuk mengaktifkan fitur keamanan seperti autentikasi biometrik, verifikasi dua langkah, pembaruan aplikasi secara berkala, dan notifikasi transaksi.

Hendy menambahkan bahwa keamanan layanan digital hanya bisa terwujud melalui kolaborasi aktif antara bank dan nasabah. 

“Nasabah memegang peran penting dalam menjaga keamanan transaksi dengan tetap waspada terhadap potensi ancaman siber yang semakin berkembang,” tegasnya.

BRI mengimbau masyarakat untuk selalu mengakses layanan dan informasi hanya melalui saluran resmi, yakni situs www.bri.co.id dan akun media sosial terverifikasi seperti Instagram @bankbri_id, Facebook BANK BRI, Twitter/X @BANKBRI_ID, @promo_BRI, @kontakBRI, serta TikTok @bankbri_id.

Untuk kebutuhan layanan maupun pengaduan, nasabah dapat menghubungi Contact BRI di 1500017 atau melalui asisten virtual WhatsApp SABRINA di nomor 0812 1214 017.

Populer

Bobby dan Raja Juli Paling Bertanggung Jawab terhadap Bencana di Sumut

Senin, 01 Desember 2025 | 02:29

NU dan Muhammadiyah Dikutuk Tambang

Minggu, 30 November 2025 | 02:12

Padang Diterjang Banjir Bandang

Jumat, 28 November 2025 | 00:32

Sergap Kapal Nikel

Kamis, 27 November 2025 | 05:59

Peluncuran Tiga Pusat Studi Baru

Jumat, 28 November 2025 | 02:08

Bersihkan Sisa Bencana

Jumat, 28 November 2025 | 04:14

Evakuasi Banjir Tapsel

Kamis, 27 November 2025 | 03:45

UPDATE

Tragedi Nasional dari Sumatra dan Suara yang Terlambat Kita Dengarkan

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:44

Produktivitas Masih di Bawah ASEAN, Pemerintah Susun Langkah Percepatan

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:41

Lewat Pantun Cak Imin Serukan Perbaiki Alam Bukan Cari Keributan

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:38

Bank Mandiri Sabet 5 Penghargaan BI

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:27

Liga Muslim Dunia Siap Lobi MBS untuk Permudah Pembangunan Kampung Haji Indonesia

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:18

Banjir Rob di Pesisir Jakarta Berangsur Surut

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:13

RI–Timor Leste Sepakat Majukan Koperasi

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:08

Revisi UU Cipta Kerja Mendesak di Tengah Kerusakan Hutan Sumatera

Jumat, 05 Desember 2025 | 14:57

Bahlil Telusuri Dugaan Keterkaitan Tambang Martabe dengan Banjir Sumut

Jumat, 05 Desember 2025 | 14:48

BI: Cadangan Devisa RI Rp2.499 Triliun per Akhir November 2025

Jumat, 05 Desember 2025 | 14:39

Selengkapnya