Berita

Penyaluran konsumsi haji/Ist

Nusantara

IPHI Beri Pujian dan Catatan atas Layanan Konsumsi Haji 2025

SABTU, 21 JUNI 2025 | 14:39 WIB | LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA

Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) menyambut langkah BPKH Limited yang menyediakan layanan konsumsi bagi jemaah pada 14–15 Dzulhijjah, setelah puncak ibadah di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Wakil Ketua Umum IPHI, Anshori, menyatakan bahwa penyediaan makanan di Armuzna dalam skala besar merupakan hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. 

“Ini adalah terobosan baru. Meskipun kondisinya padat, petugas tetap berupaya memberikan pelayanan yang sempurna kepada jemaah,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu 21 Juni 2025.


Namun demikian, IPHI juga memberikan catatan atas pelaksanaan layanan tersebut di lapangan yang menghadapi sejumlah kendala, terutama dalam hal distribusi konsumsi. Menurut Anshori, padatnya konsentrasi jemaah di satu lokasi menjadi tantangan logistik yang signifikan. 

“Tantangan utamanya adalah logistik. Seluruh jamaah berkumpul di satu lokasi dalam waktu bersamaan, sehingga distribusi pun menjadi sangat kompleks,” jelasnya.

Ia menyarankan agar ke depan, pihak penyedia layanan melakukan persiapan lebih matang, termasuk memulai aktivitas operasional sejak dini hari dan memperkuat komunikasi kepada jemaah mengenai kemungkinan keterlambatan. 

“Dengan informasi yang jelas sejak awal, jemaah akan lebih memahami jika ada keterlambatan di luar kendali,” tambahnya.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas keterlambatan layanan konsumsi tersebut, BPKH Limited sendiri telah menyalurkan kompensasi kepada lebih dari 42.000 jemaah dengan total nilai 862.000 riyal Saudi atau sekitar Rp3,7 miliar. Anshori mengapresiasi langkah cepat itu sebagai respons yang tepat dan terbuka. 

“Penting untuk menyelesaikan persoalan dengan cepat dan terbuka, agar tidak berkembang menjadi isu yang berkepanjangan,” katanya.

Lebih lanjut, Anshori berharap terobosan ini dijadikan bahan evaluasi oleh semua pihak agar dapat disempurnakan di tahun-tahun mendatang. 

“Saya yakin semua pihak memiliki niat baik. Apa yang terjadi bukan karena kesengajaan, tetapi karena situasi yang sangat crowded dan menantang,” ujarnya.

IPHI menekankan pentingnya peningkatan layanan konsumsi bagi jemaah, terutama pada fase paling melelahkan dalam ibadah haji. 

“Mudah-mudahan tahun depan kita bisa lihat layanan ini berjalan lebih lancar, karena ini adalah kebutuhan penting jemaah yang melewati fase paling melelahkan dalam ibadah haji,” tutup Anshori.

Populer

Mantan Jubir KPK Tessa Mahardhika Lolos Tiga Besar Calon Direktur Penyelidikan KPK

Rabu, 24 Desember 2025 | 07:26

Mantan Wamenaker Noel Ebenezer Rayakan Natal Bersama Istri di Rutan KPK

Kamis, 25 Desember 2025 | 15:01

Sarjan Diduga Terima Proyek Ratusan Miliar dari Bupati Bekasi Sebelum Ade Kuswara

Jumat, 26 Desember 2025 | 14:06

Kejagung Copot Kajari Kabupaten Tangerang Afrillyanna Purba, Diganti Fajar Gurindro

Kamis, 25 Desember 2025 | 21:48

Camat Madiun Minta Maaf Usai Bubarkan Bedah Buku ‘Reset Indonesia’

Selasa, 23 Desember 2025 | 04:16

8 Jenderal TNI AD Pensiun Jelang Pergantian Tahun 2026, Ini Daftarnya

Rabu, 24 Desember 2025 | 21:17

Adik Kakak di Bekasi Ketiban Rezeki OTT KPK

Senin, 22 Desember 2025 | 17:57

UPDATE

Investigasi Kecelakaan Jeju Air Mandek, Keluarga Korban Geram ? ?

Sabtu, 27 Desember 2025 | 17:52

Legislator Nasdem Dukung Pengembalian Dana Korupsi untuk Kesejahteraan Rakyat

Sabtu, 27 Desember 2025 | 17:43

Ledakan Masjid di Suriah Tuai Kecaman PBB

Sabtu, 27 Desember 2025 | 16:32

Presiden Partai Buruh: Tidak Mungkin Biaya Hidup Jakarta Lebih Rendah dari Karawang

Sabtu, 27 Desember 2025 | 16:13

Dunia Usaha Diharapkan Terapkan Upah Sesuai Produktivitas

Sabtu, 27 Desember 2025 | 15:26

Rehabilitasi Hutan: Strategi Mitigasi Bencana di Sumatera dan Wilayah Lain

Sabtu, 27 Desember 2025 | 15:07

Pergub dan Perda APBD DKI 2026 Disahkan, Ini Alokasinya

Sabtu, 27 Desember 2025 | 14:52

Gebrakan Sony-Honda: Ciptakan Mobil untuk Main PlayStation

Sabtu, 27 Desember 2025 | 14:24

Kebijakan Purbaya Tak Jauh Beda dengan Sri Mulyani, Reshuffle Menkeu Hanya Ganti Figur

Sabtu, 27 Desember 2025 | 14:07

PAN Dorong Perlindungan dan Kesejahteraan Tenaga Administratif Sekolah

Sabtu, 27 Desember 2025 | 13:41

Selengkapnya