Di era digital yang terus berkembang, kemudahan dan kecepatan transaksi pembayaran menjadi faktor penting bagi kelancaran bisnis.
Bank Indonesia (BI) baru saja meluncurkan QRIS Tap. Inovasi dalam sistem pembayaran digital QRIS Tap dapat memberikan alternatif pembayaran yang cepat dan mudah, tidak hanya memudahkan pelanggan tetapi juga para merchant dalam menerima pembayaran.
Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Dicky Kartikoyono mengungkapkan bahwa transaksi menggunakan QRIS Tap berbasis Near Field Communication (NFC) memiliki tingkat keberhasilan tinggi dengan waktu pemrosesan hanya 0,3 detik.
Teknologi ini diharapkan dapat mengurangi antrean penumpang di transportasi umum.
"QRIS Tap lebih cepat dibandingkan uang elektronik berbasis chip atau kartu, yang rata-rata membutuhkan waktu 4–5 detik per transaksi," jelas Dicky dalam keterangannya yang dikutip Sabtu 15 Maret 2025.
Berbeda dengan QRIS Customer Presented Mode (CPM) yang mengharuskan pengguna memindai kode QR dengan kamera ponsel, QRIS Tap bekerja dengan mentransmisikan data melalui gelombang radio NFC Reader.
Cara pakai QRIS Tap pun cukup mudah. Pengguna hanya perlu menempelkan ponsel berteknologi NFC yang telah terhubung dengan aplikasi mobile banking atau dompet digital ke perangkat NFC Reader.
Implementasi QRIS Tap merupakan hasil dari kerja sama yang sangat kuat antara BI, Kementerian Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Kementerian Perhubungan, Penyedia Jasa Pembayaran (PJP), hingga Pemerintah DKI Jakarta.
Dicky mengatakan, 2.353 merchant sudah bisa melayani penggunaan QRIS Tap, terdiri dari 1.528 di sektor retail, 550 rumah sakit, 138 UMKM, 3 parkir, serta 134 transportasi umum (120 armada DAMRI & TemanBus, MRT rute Bundaran HI-Lebak Bulus, dan 12 moda Royal Trans).
Berikut tata cara penggunaan QRIS Tap:
1. Pengguna buka aplikasi mobile banking atau aplikasi pembayaran lainnya dan pilih menu QRIS
2. Pengguna pilih fitur QRIS Tap
3. Pengguna pilih sumber dana (simpanan, UE, fasilitas kredit/KKI)
4. Pengguna input pin transaksi
5. HP didekatkan ke terminal contactless di merchant
6. Transaksi selesai.