Berita

Kamala Harris dan Donald Trump/Net

Dunia

PEMILU AMERIKA SERIKAT

Ini Tujuh Negara Bagian Penentu Pilpres AS

SENIN, 28 OKTOBER 2024 | 18:03 WIB | LAPORAN: HANI FATUNNISA

Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris dan mantan Presiden Donald Trump bersaing ketat untuk memenangkan pemilihan umum yang akan digelar pada 5 November mendatang.

Berdasarkan Konstitusi AS, para pendiri Amerika menetapkan bahwa masing-masing dari 50 negara bagian akan mengadakan pemungutan suara sendiri untuk presiden.

Dengan sistem Electoral College yang kompleks, setiap negara bagian memiliki sejumlah "elektor," atau orang yang dipilih warga untuk mewakili mereka memilih presiden. Jumlah anggota electoral college ditentukan berdasarkan jumlah penduduk.

Total anggota electoral college berjumlah 538 orang. California adalah negara bagian dengan perwakilan terbanyak, yaitu 55 orang.

Sementara negara bagian yang jumlah penduduknya sedikit, seperti Wyoming, Alaska, dan North Dakota, termasuk Washington DC, diwakilkan oleh minimal tiga orang.

Setiap elektor memiliki satu hak suara. Seorang kandidat presiden harus mendapatkan suara terbanyak, 270 atau lebih, untuk memenangkan pemilihan.

Sebagian besar negara bagian memiliki sistem winner-take-all yang memberikan anggota electoral college  kepada siapa pun yang memenangkan suara terbanyak.

Misalnya, jika seorang kandidat dari Partai Republik memenangkan 50,1% suara di Texas, dia akan mendapat seluruh suara dari anggota electoral college dari negara bagian itu, yang berjumlah 38 orang.

Meski kandidat bisa menang dengan perolehan 270 suara elektoral, tetapi pemilihan cenderung diputuskan di negara bagian yang menentukan yang diperebutkan dengan sengit.

Mengutip AFP pada Senin, 28 Oktober 2023, tahun ini ada tujuh negara medan pertempuran yang akan menentukan kemenangan kandidat Republik ataupun Demokrat.

Pennsylvania (19 suara Electoral College)


Pennsylvania dulunya adalah wilayah Demokrat yang dapat diandalkan, tetapi saat ini, wilayah tersebut tidak lebih unggul dari Negara Bagian Keystone.

Trump dari Partai Republik memenangkan medan pertempuran terpadat, dengan 13 juta penduduk, dengan selisih 0,7 poin persentase pada tahun 2016. Joe Biden mengklaimnya dengan selisih 1,2 poin persentase pada tahun 2020.

Terkenal dengan kota-kota "Rust Belt" seperti Philadelphia dan Pittsburgh, Pennsylvania telah dirusak selama beberapa dekade oleh penurunan basis manufaktur industrinya yang terus-menerus.

Trump dan Harris telah berkampanye berulang kali di negara bagian timur, tempat pasangan itu mengadakan satu-satunya debat presiden mereka.

Trump, yang selamat dari upaya pembunuhan pada rapat umum bulan Juli di Pennsylvania, sedang mendekati penduduk kulit putih pedesaan dan memperingatkan bahwa para migran telah membanjiri kota-kota kecil.

Harris memuji kemenangan infrastruktur baru-baru ini, dan di Pittsburgh ia menguraikan rencana untuk menginvestasikan 100 miliar dolar AS dalam manufaktur, isu utama bagi penduduk negara bagian tersebut.

Georgia (16 suara Electoral College)


Negara bagian tenggara ini menjadi titik api pemilihan umum di akhir masa jabatan pertama Trump, dan kontroversinya terus berlanjut.

Negara bagian tenggara ini menjadi titik api pemilihan umum di akhir masa jabatan pertama Trump, dan kontroversinya terus berlanjut.

Jaksa di Georgia mendakwa Trump dalam kasus campur tangan pemilu setelah ia menelepon pejabat negara bagian dan mendesak mereka untuk menemukan cukup banyak suara untuk membatalkan kemenangan tipis Biden pada tahun 2020.

Namun, sebagai dorongan bagi Trump, kasus tersebut ditunda hingga setelah pemilihan umum.

Biden adalah Demokrat pertama yang memenangkan Peach State sejak 1992. Perubahan demografi kemungkinan akan menguntungkan Harris, yang telah merayu pemilih minoritas di seluruh Georgia.

North Carolina (16 suara Electoral College)

Negara bagian tenggara ini hanya sekali memilih Demokrat sejak 1980, tetapi Harris yakin hal itu akan kembali terjadi.

Populasinya, yang sekarang lebih dari 10 juta, berkembang dan semakin beragam, yang menguntungkan Demokrat.

Tetapi kemungkinan akan sulit bagi Trump, karena skandal yang melibatkan kandidat gubernur dari Partai Republik di negara bagian itu telah membuat marah pejabat partai yang khawatir hal itu dapat menenggelamkan Trump dalam persaingan yang ketat.

Seperti di negara tetangga Georgia, satu hal yang tidak terduga adalah bagaimana kehancuran akibat badai Helene, yang baru-baru ini menghancurkan kota-kota di Carolina Utara bagian barat, dapat mempengaruhi hasil pemungutan suara.

Michigan (15 suara Electoral College)

Trump mengalahkan Michigan, bekas basis Demokrat, dalam perjalanannya mengalahkan Hillary Clinton pada tahun 2016.

Biden mengembalikannya ke kolom biru pada tahun 2020, didukung oleh pekerja yang tergabung dalam serikat pekerja dan komunitas kulit hitam yang besar.

Namun kali ini, Harris berisiko kehilangan dukungan dari komunitas Arab-Amerika yang beranggotakan 200.000 orang karena penanganan Biden terhadap perang Israel-Hamas di Gaza.

Arizona (11 suara Electoral College)

Negara bagian Grand Canyon termasuk dalam persaingan paling ketat tahun 2020, dengan Biden menang hanya dengan 10.457 suara.

Trump berharap frustrasi atas kebijakan imigrasi pemerintahan Biden-Harris akan membuat Arizona, yang berbatasan dengan Meksiko, kembali menguntungkannya.

Harris mengunjungi perbatasan Arizona pada bulan September dan berjanji untuk menindak tegas migrasi dan berupaya menghidupkan kembali RUU perbatasan bipartisan tahun lalu, yang menurutnya ditolak Trump demi tujuan politik.

Wisconsin (10 suara Electoral College)

Clinton kalah di Wisconsin setelah memberi negara bagian itu kelonggaran yang cukup besar selama kampanye tahun 2016.

Seperti halnya dengan negara tetangga Midwest, Michigan, ceritanya berbeda ketika lawan Trump adalah Biden, yang mengubah defisit 23.000 suara menjadi kemenangan margin 21.000 untuk Demokrat.

Trump menganggapnya dapat dimenangkan, dan partainya mengadakan konvensi nasional musim panas di sana.

Sementara Trump memimpin lebih awal melawan Biden, Harris telah membuat persaingan di negara bagian itu menegangkan.

Nevada (6 suara Electoral College)


Negara Bagian Silver, dengan populasi 3,1 juta, belum memilih Republik sejak 2004. Kaum konservatif, yang didukung oleh kemajuan Trump dengan pemilih Hispanik, yakin mereka dapat membalikkan keadaan.

Trump memiliki keunggulan signifikan di sini melawan Biden.

Namun dalam beberapa minggu setelah menjadi calon Demokrat, Harris ?" yang mempromosikan rencana ekonominya untuk membantu usaha kecil dan memerangi inflasi ?" telah menghapus keunggulan itu di negara bagian barat, yang kota terbesarnya, Las Vegas, didominasi oleh industri perhotelan.

Populer

Prabowo Perintahkan Sri Mulyani Pangkas Anggaran Seremonial

Kamis, 24 Oktober 2024 | 01:39

Karangan Bunga untuk Ferry Juliantono Terus Berdatangan

Selasa, 22 Oktober 2024 | 12:24

Jejak S1 dan S2 Bahlil Lahadalia Tidak Terdaftar di PDDikti

Sabtu, 19 Oktober 2024 | 14:30

KPK Usut Keterlibatan Rachland Nashidik dalam Kasus Suap MA

Jumat, 25 Oktober 2024 | 23:11

UI Buka Suara soal Gelar Doktor Kilat Bahlil Lahadalia

Senin, 21 Oktober 2024 | 16:21

Hikmah Heboh Fufufafa

Minggu, 20 Oktober 2024 | 19:22

Begini Kata PKS Soal Tidak Ada Kader di Kabinet Prabowo-Gibran

Minggu, 20 Oktober 2024 | 15:45

UPDATE

BSD Kantongi Rp6,84 Triliun dari Prapenjualan Properti

Senin, 28 Oktober 2024 | 16:02

Pukulan Keras Ilia Topuria Tumbangkan Max Holloway di UFC 308

Senin, 28 Oktober 2024 | 15:53

Ipda Rudy Soik: Bapak Kapolda Orang Baik, Tapi Informasi Sampai ke Beliau Tidak Benar

Senin, 28 Oktober 2024 | 15:30

HUT ke-20, UCLG ASPAC Komitmen Ciptakan Kota Ramah Lingkungan, Digital, dan Berteknologi Tinggi

Senin, 28 Oktober 2024 | 15:29

Baleg DPR Gelar Rapat Pleno, Ini Agendanya

Senin, 28 Oktober 2024 | 15:22

Ekonom Sebut Pemerintah Tak Boleh Asal Bantu Selamatkan Sritex

Senin, 28 Oktober 2024 | 15:16

Direstui Jokowi Jadi Parpol, Projo Harus Buktikan Punya Banyak Pasukan

Senin, 28 Oktober 2024 | 14:59

Retret Kabinet Merah Putih di Akademi Militer Jadi Sorotan Media Asing

Senin, 28 Oktober 2024 | 14:55

Kapolda Sulteng Diingatkan DPR Sering-sering Main ke Tahanan

Senin, 28 Oktober 2024 | 14:48

Awal Pekan, Mayoritas Harga Bahan Pokok Naik

Senin, 28 Oktober 2024 | 14:45

Selengkapnya