Salah satu UMKM yang ikut dalam bazaar di Lombok Sumbawa Nusantara Fair 2024 di Pertamina Mandalika Circuit/Ist
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk turut mendukung penuh kesuksesan acara MotoGP Mandalika 2024, lewat pemberdayaan UMKM melalui event Lombok Sumbawa Nusantara Fair 2024 di Pertamina Mandalika Circuit.
Event ini merupakan bagian dari side event perhelatan MotoGP Mandalika 2024 yang telah sukses digelar pada 27-29 September 2024 selama dua kali MotoGP pada tahun 2022 dan 2023.
Terdapat berbagai booth menarik, di antaranya Ekraf Booth atau kerajinan tangan, Specta Cultures, dan tenant makanan. Adapun UMKM sendiri meliputi, Sentra IKM Tenun, Sentra IKM Kerajinan Rotan Ketak, Sentra IKM Olahan Sarang Burung Walet, Sentra IKM Pengolahan Pangan/Agro, Revenukopi.
Kegiatan ini menghadirkan lebih dari 40 UMKM yang menyajikan aneka kuliner, ekonomi kreatif dan suvenir sebagai bagian dari upaya menggerakkan perekonomian daerah.
“BRI berpartisipasi atas terselenggaranya bazaar UMKM ini sebagai komitmen dalam melakukan pemberdayaan UMKM di Indonesia. Mereka mendapatkan kesempatan untuk turut serta memamerkan dan menjual produk-produknya di sebuah event berskala internasional,” ujar Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto, dalam keterangan yang diterima Minggu (6/10).
“Harapannya dengan adanya event berskala internasional seperti ini akan terus membuka akses dan kesempatan kepada para pelaku UMKM yang ujungnya dapat membuat mereka naik kelas,” tambahnya.
Sebagai bagian dari dukungan terhadap kemajuan UMKM, BRI kuga menyediakan fasilitas transaksi non-tunai di berbagai tenant UMKM di area sirkuit Mandalika. Sehingga para pengunjung dapat melakukan pembayaran dengan mudah menggunakan EDC dan QRIS BRI. Fasilitas ini tidak hanya memudahkan pengunjung dalam bertransaksi, tetapi juga membantu pelaku UMKM meningkatkan efisiensi dan keamanan transaksi mereka.
Dengan berbagai inisiatif ini, BRI memberikan kontribusi nyata bagi keberhasilan penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024 serta mendukung peningkatan daya saing sektor pariwisata dan UMKM Indonesia di kancah global.
“BRI percaya bahwa sinergi antara pengembangan pariwisata dan pemberdayaan UMKM akan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi perekonomian daerah, sekaligus memperkuat posisi Indonesia sebagai destinasi unggulan di mata dunia,” pungkas Catur.