Berita

Relawan Bakti BUMN Batch VI menyerahkan 500 paket bantuan peningkatan gizi tambahan dan vitamin pada perwakilan Posyandu Mawar di Desa Namang, Bangka Tengah beberapa waktu lalu/Ist

Bisnis

Gandeng Relawan Bakti BUMN, Telkom Kembangkan Potensi Desa di Babel

KAMIS, 05 SEPTEMBER 2024 | 17:52 WIB | LAPORAN: ADITYO NUGROHO

Sebagai wujud dukungan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) secara langsung ke masyarakat, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) turut berpartisipasi pada Kegiatan Relawan Bakti BUMN Batch VI tahun 2024 yang dilaksanakan di Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung (Babel) pada 15 hingga 17 Agustus 2024.

Relawan Bakti BUMN merupakan kegiatan kolaborasi BUMN dalam mengimplementasikan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) secara langsung ke masyarakat. Diwakili oleh 10 orang relawan dari berbagai BUMN. 

Telkom menginisiasi aktivitas kegiatan Relawan Bakti BUMN yang berfokus pada empat bidang, yaitu Pendidikan, Lingkungan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, dan Kesehatan. Relawan Bakti BUMN merupakan kegiatan kolaborasi BUMN dalam mengimplementasikan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) secara langsung ke masyarakat. 

Telkom menginisiasi aktivitas kegiatan Relawan Bakti BUMN yang berfokus pada empat bidang, yaitu Pendidikan, Lingkungan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, dan Kesehatan. Pelaksanaan Kegiatan Relawan Bakti BUMN Batch VI menjadi bentuk implementasi nyata kinerja 5 tahun Telkom di bawah kepemimpinan Menteri BUMN RI, Erick Thohir dalam menyebarkan dan menginspirasi lebih banyak pihak untuk turut berkontribusi dalam membangun Indonesia.

Dengan banyaknya potensi yang dimiliki, Kabupaten Bangka Tengah menjadi salah satu lokasi pelaksanaan program Relawan Bakti BUMN Batch VI tahun 2024. Lebih lanjut, Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah juga terkenal akan berbagai kekayaan wisata alamnya, salah satunya adalah Hutan Pelawan. Hutan Pelawan memiliki keunikannya tersendiri, yaitu Pohon Pelawan yang merupakan endemik Provinsi Bangka Belitung. 

Selain itu, Desa Namang telah menuai beragam penghargaan seperti mewakili Indonesia dalam  pertemuan ASEAN Village Network (AVN) untuk kategori "One Village One Product". 

Adapun produk mewakili Desa Namang adalah Madu Khas Hutan Pelawan yang memiliki cita rasa tersendiri.

Senior General Manager Social Responsibility Center Telkom Hery Susanto turut menyampaikan kegiatan Kolaborasi Relawan Bakti BUMN selaras dengan core values Telkom untuk berdampak pada pembangunan secara berkelanjutan masyarakat Indonesia. 

“Dengan relawan sebagai perantara, diharapkan dapat menjadi simbol bahwa kepedulian tidak hanya datang dari perusahaan saja. Akan tetapi juga hadir pada diri setiap karyawan BUMN untuk berdampak pada masyarakat sekitarnya. Melalui kegiatan ini juga diharapkan mampu mendorong potensi Desa Namang dari segi ekonomi, lingkungan, maupun kesejahteraan masyarakat desa,” kata Hery dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (5/9).

Mengangkat tema ”Selawang Segantang” sesuai dengan semangat masyarakat setempat, Relawan berbaur dengan masyarakat dalam beberapa aktivitas seperti, Pelatihan Packaging & Digitalisasi UMKM Binaan Rumah BUMN Telkom Koba, Sosialisasi Pencegahan Stunting di Posyandu setempat, Penanaman Hidroponik, Sharing Knowledge Peternakan Lebah Madu, dan Kerja Bakti Membersihkan Parit sekaligus penebaran benih ikan.

Tidak hanya itu, Relawan juga diajak untuk melakukan simulasi pengukuran Carbon Stock dan penanaman bibit pohon pelawan, Fun Games bersama adik-adik Desa Namang, Edukasi seputar Literasi Digital, Malam Keakraban, Sharing Session bersama BUMN Muda sampai dengan pelaksanaan Upacara Kemerdekaan RI Ke-79 Tahun.

Kepala Desa Namang, Zaiwan menyampaikan apresiasi serta antusiasmenya terhadap kegiatan Relawan Bakti BUMN. 

”Terima kasih kepada Telkom Indonesia bersama dengan Abang dan Ayuk Relawan Bakti BUMN yang telah membantu masyarakat desa selama beberapa hari ini. Harapannya kolaborasi ini dapat terus terjalin secara berkelanjutan dan dapat mendukung Desa Namang untuk semakin maju dan go international,” ujar Zaiwan

Kegiatan Relawan Bakti BUMN merupakan agenda tahunan yang diikuti oleh setiap BUMN sebagai bentuk nyata kontribusi BUMN kepada masyarakat. Salah satunya Telkom Indonesia yang secara aktif ikut serta. Melalui kegiatan ini, Telkom berharap dapat meninggalkan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat desa yang terdampak.

Populer

Beredar Kabar, Anies Baswedan Besok Didaftarkan 4 Parpol ke KPU

Rabu, 28 Agustus 2024 | 18:10

Aktivis Demo di KPK, Minta Menteri Trenggono Ditangkap

Jumat, 30 Agustus 2024 | 15:17

Anies Tak Bisa Didikte Diduga Jadi Alasan PDIP Batal Umumkan Cagub

Selasa, 27 Agustus 2024 | 08:15

Kabar Anies Batal Diusung PDIP, Djarot: Karena Ada Aspirasi dari Bawah

Senin, 26 Agustus 2024 | 19:02

Tenang, Peluang Anies di Pilkada Jakarta Belum Tertutup

Rabu, 28 Agustus 2024 | 11:20

Parpol Dilarang Tarik Dukungan, Peluang Anies Hampir Pupus

Kamis, 29 Agustus 2024 | 09:49

Jemaah Suruh RK Turun dari Panggung Haul Mbah Priok

Senin, 02 September 2024 | 09:22

UPDATE

Sudah Menjabat Dua Periode, KPU Diminta Batalkan Pencalonan Edi Damansyah

Kamis, 05 September 2024 | 18:07

Ketum PB HMI Terlalu Dangkal Setujui Running Text Azan

Kamis, 05 September 2024 | 18:02

Gandeng Relawan Bakti BUMN, Telkom Kembangkan Potensi Desa di Babel

Kamis, 05 September 2024 | 17:52

Menko Airlangga Ajak Pengusaha Kanada Tanam Investasi di Indonesia

Kamis, 05 September 2024 | 17:42

Ingin Bertemu Paus, Dosen USU Rela Tempuh Perjalanan Jauh

Kamis, 05 September 2024 | 17:29

Pemerintah Desa Jatireja Bekasi dapat Tanah Hibah KPK

Kamis, 05 September 2024 | 17:15

Putin Umumkan Dukungan Rusia untuk Kamala Harris

Kamis, 05 September 2024 | 17:09

Viva Il Papa Iringi Sorak Umat Katolik Sambut Paus Fransiskus

Kamis, 05 September 2024 | 17:09

Paus Fransiskus Disambut Teriakan Histeris Umat

Kamis, 05 September 2024 | 17:05

Jangan Gampang Terpancing Narasi Negatif Menyasar Pemimpin Negara

Kamis, 05 September 2024 | 16:58

Selengkapnya