Berita

Penandatangan MoU AI-Ecosystem pada acara NeutraDC Summit 2024 yang berlangsung di Sofitel Nusa Dua, Bali, Senin (26/8)/Ist

Bisnis

NeutraDC Summit 2024 Galang Kerja Sama Strategis

RABU, 28 AGUSTUS 2024 | 01:40 WIB | LAPORAN: ADITYO NUGROHO

Anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) yang merupakan penyedia layananan ekosistem data center Indonesia yang berfokus pada inovasi dan keberlanjutan, menggelar acara bertaraf internasional, NeutraDC Summit 2024 yang berlangsung di Sofitel Nusa Dua, Bali, Senin (26/8).                    

Selain serangkaian sesi berbagi wawasan, pada NeutraDC Summit 2024 juga diumumkan kerja sama strategis terkait masa depan data center sebagai AI-enabler, di antaranya kolaborasi strategis terkait AI-ecosystem dengan dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) bersama PT Hewlett Packard Enterprise (HPE) Indonesia, DataCanvas Limited, dan Cirrascale Pte. Ltd. Penandatangan dilakukan oleh CEO NeutraDC Andreuw Th.A.F, President Director HPE Indonesia Meygin Agustina, CEO DataCanvas Fang Lei, dan CEO Cirrascale PJ Go. 
 

Kolaborasi ini menandai komitmen dalam mengembangkan ekosistem AI yang matang dan sesuai untuk pasar Asia Tenggara, dengan memanfaatkan kekuatan dan kapabilitas masing-masing pihak. Kerja sama ini difokuskan untuk meningkatkan minat pasar terhadap kebutuhan pusat data berbasis AI di kawasan Indonesia dan regional.
 
NeutraDC juga mengumumkan kolaborasi strategis dengan BDx Indonesia yang merupakan sebuah perusahaan hasil joint venture antara BDx Data Centers, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), dan Lintasarta. Kolaborasi ini mengumumkan peluncuran fase pertama dari ekosistem Internet Exchange (IX) di Indonesia. 
 
Inisiatif ini, sebelumnya telah diumumkan pada penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) di perhelatan internasional Pacific Telecommunications Council (PTC) 2024 pada Januari lalu yang berlangsung di Hawaii, USA. Kolaborasi bertajuk “Strategic Alliance: NeutraDC and BDx for Internet Exchange Collaboration” ini menggarisbawahi komitmen berkelanjutan dan visi bersama yang diusung oleh NeutraDC dan BDx dalam menghadirkan inovasi yang akan mendorong kemajuan industri di masa depan.
 
Berbagai pembicara terkemuka lain juga berbagi wawasan mengenai perkembangan teknologi AI, etika dalam inovasi, serta tren masa depan dalam industri pusat data. Sesi panel yang membahas etika dan tata kelola AI juga melibatkan pakar-pakar industri. 
 
Di antaranya, Regional Sales Director NAVER Cloud Asia Pacific, Injoon Song; Senior Director, Global & Regional Key Accounts Vertiv, Danny Wong; Head of Data Centre Solutions, Asia Pacific CBRE, Dedi Iskandar; Head, LearnAI, AI Singapore National Co-chair, AI Technical Committee, ITSC Singapore, Sengmeng Koo Head; Head of AI Cloud, VNG, Tung Vu; CEO Cloud for AI Applications, Cirrascale, PJ Go; General Manager, HPC & GTM – APAC & India, Hewlett Packard Enterprise. 
 
Kemudian Joseph Yang; Vice President Cybersecurity, Uptime Institute, Antonio Ramos; President ISC2 Singapore, Paolo Miranda; General Manager – Singapore, Indonesia & Malaysia, Electrical Sector, Eaton, Choo Chee Khiang; Managing Director Onion Technology Pte Ltd, Sonny Seunghee Lee; Partner Wong & Partners, Kherk Ying Chew; Chief Innovation Officer & Co-founder, Lynx Analytics, Gabor Benedek; Deputy for Green and Digital Transformation of New Capital City, Prof Mohammed Ali Berawi; Execut9ive Vice President Digital Business & Technology Telkom, Digital Business & Technology Division, Komang Budi Aryasa; Power Systems, Product Manager & Life Cycle Trakindo, Heru Hermawan; Partner, Wong & Partners, Kherk Ying Chew.
 
Acara ini juga mendapat dukungan dari sponsor utama, Vertiv, yang juga mempresentasikan solusi kesiapan AI dalam sistem pendingin, serta sponsor lainnya, yaitu Trakindo, Onion Technology, Sisindokom, Eco Explorer, Uptime Institute, Eaton, Nxera, PT Dwimitra Ekatama Mandiri, MSG, Eetarp, Telkom Infra, IXT, Bank BNI, Yi-Ke Innovations, Bank BRI, Bank Mandiri, Hardayaperkasa, Price Trandos; dan didukung oleh media partner Republika.co.id dan Sea Today.

Populer

Bahlil Ketum Golkar Kalah Trending Azizah Andre Rosiade Selingkuh

Rabu, 21 Agustus 2024 | 00:00

Massa Geruduk Rumah Ketua BPIP Imbas Larangan Paskibraka Perempuan Pakai Jilbab

Senin, 19 Agustus 2024 | 17:20

Hasil Munas Digugat, Bahlil Lahadalia Bisa Batal jadi Ketum Golkar

Jumat, 23 Agustus 2024 | 20:11

Polemik Lepas Hijab, PGI Nusantara Bakal Geruduk BPIP

Senin, 19 Agustus 2024 | 22:13

Senior Golkar Mulai Kecewa pada Kepengurusan Bahlil

Sabtu, 24 Agustus 2024 | 19:02

Inilah Susunan Pengurus Golkar Periode 2024-2029, Tak Ada Jokowi dan Gibran

Kamis, 22 Agustus 2024 | 15:58

Usung Ahok Lebih Untungkan PDIP Ketimbang Anies

Minggu, 25 Agustus 2024 | 08:43

UPDATE

Usung Airin di Banten, Leadership Bahlil Makin Teruji

Selasa, 27 Agustus 2024 | 23:56

Usung Pramono, PDIP Masuk Perangkap Jokowi

Selasa, 27 Agustus 2024 | 23:51

Sidang Perdana Gugatan Kader Golkar Digelar Pekan Depan

Selasa, 27 Agustus 2024 | 23:43

Putar Haluan

Selasa, 27 Agustus 2024 | 23:31

Prabowo ke Surya Paloh: Gak Apa-apa Dulu Anda Dukung Anies

Selasa, 27 Agustus 2024 | 23:27

AMN Upaya Wujudkan Akses Pendidikan Tinggi Lebih Merata

Selasa, 27 Agustus 2024 | 22:41

KPU Jakarta Mulai Tes Kesehatan Cagub-Cawagub 30 Agustus 2024

Selasa, 27 Agustus 2024 | 22:33

Kreasi Amanah Wadah Pengrajin Muda Lestarikan Tenun Aceh

Selasa, 27 Agustus 2024 | 22:21

Surya Paloh Labeli Prabowo Sahabat Andalan

Selasa, 27 Agustus 2024 | 22:20

Diacak-Acak Bahlil, Golkar Daerah Teriak Mosi Tidak Percaya

Selasa, 27 Agustus 2024 | 22:13

Selengkapnya