Berita

Bank Jatim mengikuti upacara HUT Kemerdekaan dengan memakai busana adat/Ist

Nusantara

Bank Jatim Kompak Berbusana Adat saat Upacara HUT Kemerdekaan

SENIN, 19 AGUSTUS 2024 | 00:41 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia dan HUT ke-63 PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim), berlangsung meriah.

Diawali dengan upacara bendera di halaman Kantor Pusat Bank Jatim dan dipimpin langsung oleh Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman, seluruh insan Jatimers yang terdiri dari direksi, SEVP, VP, AVP, hingga staf bankjatim telah mengikuti rangkaian upacara dengan hikmat. 

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, perayaan tahun ini diwarnai dengan pelaksanaan Jatimers Defile 2024.

Jatimers Defile adalah peragaan busana adat daerah yang diikuti oleh para direksi, SEVP, VP, dan staf bankjatim. 

Mereka semua ditantang untuk berjalan di atas runway bak raja dan ratu dengan menampilkan keindahan serta keunikan pakaian adat masing-masing yang dimiliki setiap provinsi dari seluruh Indonesia.

”Baju adat dari Sabang sampai Merauke yang digunakan oleh semua peserta ini mencerminkan kekayaan adat budaya Tanah Air yang berbeda-beda namun tetap satu dan sekaligus menyambut Nusantara Baru. Kita semua harus solid demi menyatukan semangat dan tujuan seluruh bangsa Indonesia,” kata Busrul dikutip dari Kantor Berita RMOLJatim, Senin (19/8).

Nampak seluruh peserta maupun penonton Jatimers Defile 2024 sangat antusias dan kompak untuk memeriahkan acara ini. Mereka terlihat menikmati karya-karya busana yang ditampilkan. 

Dengan adanya kegiatan hari ini, lanjut Busrul, diharapkan seluruh karyawan BJTM bisa lebih menghargai dan terus berkomitmen untuk melestarikan adat budaya pakaian nusantara dari berbagai wilayah.

Menurut Busrul, peringatan Hari Kemerdekaan RI juga menjadi momentum untuk mengenang nilai-nilai luhur yang telah membangun Indonesia.

”Kami berharap di HUT RI yang ke-79 ini dapat mendorong rakyat Indonesia untuk terus berupaya memajukan bangsa melalui kerja keras, inovasi, dan sinergitas dengan berbagai pihak," kata Busrul.

Sesuai dengan tema HUT ke-79 RI Nusantara Baru Indonesia Maju, BJTM juga ingin menunjukkan bahwa perseroan berkomitmen terus mendukung Indonesia Maju dengan kolaborasi dan kebersamaan.

Bank Jatim senantiasa bekerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk terus melakukan penguatan integritas sektor jasa keuangan di tengah tantangan yang sedang dihadapi.

Semua itu dilakukan demi terwujudnya sektor jasa keuangan yang berdaya saing dan berperan optimal dalam mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan sehingga mampu mewujudkan Indonesia Maju. 

Tidak hanya pada 17 Agustus saja, sebelumnya BJTM juga telah menggelar berbagai perlombaan dalam rangka merayakan dan menghormati perjuangan bangsa serta meramaikan HUT bankjatim. Peserta lombanya dari seluruh karyawan bankjatim.

Ada banyak lomba yang dipertandingkan. Seperti tapak estafet, suap dimsum, angkat gelas dengan rafia, sampai berbagai macam lomba olahraga. 

”Peringatan HUT ini juga dirayakan oleh bankjatim dengan membantu sesama melalui pembagian sembako ke warga sekitar serta kunjungan ke panti asuhan dan panti jompo," kata Busrul.

Dia juga berharap di HUT bankjatim ini semua Jatimers tidak berhenti untuk memberikan yang terbaik bagi perseroan, menjaga performa kinerja keuangannya, serta terus mendorong BJTM untuk selalu bertransformasi.

"Di usia yang ke-63, bankjatim tentu memiliki harapan besar untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi bank yang lebih baik lagi," kata Busrul.

Sebagai bank pembangunan daerah yang telah berdiri sejak 1961, BJTM telah berperan aktif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur. 

Dengan jaringan yang luas dan berbagai produk serta layanan perbankan yang inovatif, bankjatim kini telah berhasil memposisikan diri sebagai mitra strategis bagi masyarakat, UMKM, dan pemerintah daerah. Ke depan, bankjatim memiliki goal atau visi untuk menjadi BPD nomor 1 di Indonesia.

"Kami ingin menjadi BPD yang berkontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi daerah secara berkesinambungan serta menjadi BPD yang memiliki keunggulan kompetitif sehingga mampu bersaing di industri perbankan Tanah Air,” lanjutnya.

Keberhasilan bankjatim dalam mengejar visi menjadi BPD nomor 1 di Indonesia dapat dilihat dari beberapa aspek. Antara lain aset perseroan konsisten bertumbuh dan juga bankjatim terus aktif mengembangkan produk dan layanan perbankan yang inovatif, terutama di bidang digital banking melalui inovasi JConnect. 

Agar dapat bersaing dengan perbankan lainnya terutama dengan perbankan digital, saat ini bankjatim juga sedang melakukan transformasi yang di mana salah satu dari 5 pilar transformasi tersebut adalah transformasi IT dan digital.

Transformasi ini dimulai dari pengembangan struktur dengan pemisahan divisi IT dan Digital Banking agar bankjatim dapat lebih fokus dalam pengembangan transformasi digital. Kemudian terkait dengan proses permohonan kredit, bankjatim juga sudah menawarkan kemudahan berupa pengajuan online seperti aplikasi E-KMG dan E-Loan. 

Dari sisi kolaborasi, BJTM saat ini telah memberikan support penuh kepada pemerintah daerah khususnya terkait dengan pengelolaan keuangan daerah terintegrasi berbasis digital yaitu melalui aplikasi EKPD, SIPD, KKI, sistem elektronik keuangan rumah sakit serta masih banyak yang lain.

Kolaborasi dan sinergi Bank Jatim dengan Pemerintah Daerah ini menjadi salah satu keunggulan kompetitif Bank Jatim dibandingkan dengan perbankan lainnya sehingga bankjatim diharapkan tetap mampu berdaya saing dan menjadi market leader di sektornya.

Adapun sepanjang semester I tahun 2024 BJTM tercatat memperoleh pendapatan sebesar Rp4,2 triliun dan laba bersih sebesar Rp579 miliar sampai dengan akhir Juni 2024. Lini bisnis yang berkontribusi besar terhadap pencapaian kinerja bankjatim salah satunya adalah penyaluran kredit.

Saat ini, penyaluran kredit Bank Jatim didominasi oleh penyaluran kredit produktif kepada UMKM yang di mana telah mencapai Rp18,87 triliun sampai dengan semester I/2024.

Busrul berharap kinerja bankjatim ke depannya dapat terus tumbuh dan bertransformasi menuju digital bank dengan SDM yang berdaya saing tinggi sehingga BJTM semakin dekat dengan visinya untuk menjadi BPD Nomor 1 di Indonesia.

Dengan semangat Get Better Future di ulang tahun ke-63 ini, lanjut Busrul, bankjatim hadir untuk memberikan kemudahan dan solusi finansial yang tepat serta memastikan nasabah dapat mencapai setiap tujuan dengan percaya diri dan aman.

”Kami selalu siap memberikan pelayanan terbaik yang didukung oleh profesionalisme dan integritas,” pungkas Busrul.


Populer

Cak Imin Minta Kapolri Bubarkan Muktamar PKB Tandingan

Kamis, 15 Agustus 2024 | 12:52

Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Ternyata Terima Dana Korupsi DJKA

Kamis, 15 Agustus 2024 | 11:21

Bawaslu Buka Pendaftaran 1.984 Formasi CPNS

Jumat, 16 Agustus 2024 | 08:44

KPK Dapat Petunjuk Dugaan Suap PAW PDIP dari Buku Hasto

Kamis, 08 Agustus 2024 | 19:35

Suswono Jalan Tengah Selamatkan Marwah PKS

Kamis, 15 Agustus 2024 | 16:03

Pengamat: Intervensi Kekuasaan Penyebab Airlangga Mundur

Minggu, 11 Agustus 2024 | 19:13

BPIP Perlu Jelaskan Paskibraka Wajib Lepas Hijab

Rabu, 14 Agustus 2024 | 13:49

UPDATE

Fix! PKB Perkuat KIM Plus untuk RK

Minggu, 18 Agustus 2024 | 19:34

Jessica Wongso Bebas Bersyarat, Otto Hasibuan Cs Mau Coba PK

Minggu, 18 Agustus 2024 | 17:59

PKB-Prabowo Sudah Sepakat Mantapkan Jalan Koalisi Pemerintahan

Minggu, 18 Agustus 2024 | 17:28

Jokowi dan Prabowo Hadir Penutupan Munas ke-XI Golkar

Minggu, 18 Agustus 2024 | 17:16

PKB Bukan Milik PBNU!

Minggu, 18 Agustus 2024 | 17:02

Raja Thailand Dukung Pengangkatan PM Paetongtarn Shinawatra

Minggu, 18 Agustus 2024 | 16:56

Jangan Berandai-andai Bahlil Pimpin Golkar, Banyak Kader Beringin Mumpuni

Minggu, 18 Agustus 2024 | 16:50

Tidak Cukup Dilindungi, Israel Ingin Koalisi Barat Ikutan Serang Iran

Minggu, 18 Agustus 2024 | 16:32

AMPI Dukung Bahli Pimpin Golkar

Minggu, 18 Agustus 2024 | 16:23

Dua Komandan Hamas Tewas Dibom Israel

Minggu, 18 Agustus 2024 | 16:11

Selengkapnya