Berita

KH Ahmad Syakir Ali mewakili ayahnya, KH Ali Mansur menerima penghargaan Bintang Budaya Parama Dharma/Ist

Politik

Penghargaan Bintang Budaya Parama Dharma Berkah bagi Banyuwangi

KAMIS, 15 AGUSTUS 2024 | 17:15 WIB | LAPORAN: DIKI TRIANTO

Anugerah kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma yang diberikan Presiden Joko Widodo kepada pencipta Sholawat Badar, KH Ali Manshur menjadi berkah bagi masyarakat Banyuwangi.

"Sholawat Badar ini punya ikatan kuat dengan Banyuwangi. Sebagai warga Banyuwangi, kami turut bangga atas penganugerahan ini," kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani dikutip dari Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (15/8).

Adapun penghargaan tersebut diberikan Presiden Joko Widodo atas dedikasi Ali Manshur menciptakan Sholawat Badar semasa tinggal di Banyuwangi pada medio 1959-1967.

"Insyaallah Banyuwangi turut mendapat berkah dari Sholawat Badar yang diciptakan Kiai Ali Manshur semasa beliau di Banyuwangi," imbuh Ipuk.

Di Banyuwangi sendiri, lanjut Ipuk, juga mulai bermunculan landmark yang berkaitan dengan Sholawat Badar,/i>. Seperti di destinasi wisata Banyuwangi Theme Park yang di dalamnya memuat konten tentang historis Sholawat Badar.

"Ke depan tentu perlu didorong lebih banyak lagi untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas bahwa sholawat tersebut diciptakan di Banyuwangi," ujarnya.

Sementara itu, putra KH Ali Manshur, KH Ahmad Syakir Ali menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berinisiatif dan bekerja keras untuk memberikan perhatian pada Sholawat Badar dan proses penciptaannya.

Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu pihak yang turut mendorong Sholawat Badar bisa lahir.

"Sedikit banyak tentu terinspirasi oleh Banyuwangi," kata KH Ahmad Syakir Ali.

Populer

UPDATE

Selengkapnya