Cahaya Ladara Nusantara (CLN) menggelar kegiatan pemberdayaan dan pendampingan UMKM/Ist
Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI, Cahaya Ladara Nusantara (CLN) menggelar serangkaian kegiatan pemberdayaan dan pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendunia.
Ketua Umum CLN, Nannie Hadi Tjahjanto mengatakan, pentingnya positioning UMKM Indonesia mendunia. Nannie menyampaikan bahwa CLN merupakan perkumpulan yang didedikasikan untuk memajukan UMKM di seluruh Indonesia.
Hal itu disampaikan Nannie dalam acara Pagelaran Karya Kreatif bertajuk Sustainable Fashion Asa Wastra Membumi, yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 1-4 Agustus 2024. Agenda tersebut merupakan rangkaian dari Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia dan Karya Kreatif Indonesia (FEKDI & KKI).
"Keberadaan UMKM di seluruh Indonesia harus dapat menimbulkan
multiplier effect bagi kemakmuran dan kesejahteraan yang menyeluruh bagi rakyat Indonesia melalui pemberdayaan dan pendampingan serta membangun ekosistem yang berkelanjutan," kata Nannie dikutip Selasa (6/8).
Anne Avantie, perancang busana dan pelopor kebaya kontemporer menambahkan, CLN akan memfasilitasi UMKM mendunia, salah satunya melalui kerjasama dengan berbagai pihak untuk memberikan pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku usaha UMKM.
"CLN akan memfasilitasi akses UMKM ke sumber pembiayaan yang diperlukan untuk mempersiapkan produksi dan distribusi barang ekspor," katanya.
Senada dengan itu, salah satu Ketua CLN yang juga anggota Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), Lin Nurhayani Afriansyah Noor menuturkan bahwa dari sisi kolaborasi dan jaringan, CLN akan memfasilitasi kolaborasi antara UMKM dan pemangku kepentingan lainnya, seperti pemerintah, perusahaan, dan lembaga keuangan maupun pihak swasta.
"Hal itu untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan UMKM secara menyeluruh," kata Lin.
Sementara itu, Ketua Harian CLN Anita Rusdi yang juga pernah menjadi Ibu Duta Besar pada beberapa negara sahabat, menjelaskan, dari sisi pengembangan potensi pasar, CLN akan membantu UMKM untuk mengidentifikasi dan memasuki pasar-pasar baru yang memiliki potensi besar untuk produk UMKM, baik itu melalui pameran perdagangan, misi dagang luar negeri, platform e-commerce dan ekspor.
"Bahkan bukan hanya itu, CLN juga memfasilitasi pengembangan jaringan dan kemitraan, melalui jaringan dengan pihak-pihak terkait seperti lembaga keuangan, perusahaan ekspor besar, dan badan pemerintah untuk mendukung UMKM dalam proses ekspor," ujar Anita.