Berita

Ilsutrasi/India Blooms

Kesehatan

Inilah Kaitan Yoga dan Kewajiban Menjaga Kesehatan dalam Islam

SABTU, 22 JUNI 2024 | 07:33 WIB | LAPORAN: JONRIS PURBA

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh yang merupakan anugerah dari Allah SWT merupakan salah satu kewajiban dalam Islam. Yoga merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk itu.

Selain itu, Yoga juga dipandang sebagai pertemuan antara aliran Sufisme dalam Islam dengan praktik Yoga kuno di India abad pertengahan. Saat ini, mudah untuk menemuan yogi (praktisi Yoga) di kalangan umat Muslim di banyak negara.

Ini adalah salah satu pelajaran penting yang dapat dipetik dari peringatan Hari Yoga Internasional 2024.

Tidak sedikit ditemukan hambatan dari kalangan ulama Muslim fanatik mengenai aktivitas Yoga ini. Namun keberatan mereka dapat dengan mudah dipatahkan karena Yoga adalah ilmu pengetahuan dan karenanya netral terhadap agama.

Dalam tulisannya di India Blooms, Dr. Shuujat Ali Qudri, mengutip buku Namaz karya Ashraf F. Nizami yang mengatakan bahwa  Yoga di kalangan umat Muslim bukanlah praktik agama.

Sebaliknya, ini adalah seperangkat teknik dan keterampilan yang meningkatkan praktik agama apa pun. Nizami menulis bahwa dalam shalat berbagai unsur seperti “sujud” seperti setengah “shirshasana”, lalu “qayam” bagaikan “vajrasana”, dan “ruku” adalah “paschimothasanana”.

Menurut Badrul Islam, seorang instruktur yoga di akademi pemerintah di Dehradun, salah satu persamaan yang paling jelas antara Islam dan Yoga adalah kemiripan shalat lima waktu sehari dengan latihan fisik asana Yoga. Badrul Islam adalah instruktur yoga di akademi pemerintah di Dehradun.

Arti dasar dari kata shalat adalah “menekuk punggung ke bawah”, seperti dalam Yoga. Orang Persia menerjemahkan konsep ini dengan kata namaz, dari akar kata kerja yang berarti “membungkuk”, yang secara etimologis terkait dengan kata Sansekerta “namaste”.

Dia juga menuliskan, Darul Uloom Deoband yang sebelumnya mengeluarkan fatwa menentang Yoga, kini melunak. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Yoga saat ini adalah cara hidup bagi penganut semua agama.

Di antara mereka yang memimpin mempopulerkan teknik penyembuhan kuno adalah Azra Qadri, yang terkait dengan partai politik terkemuka dan merangkap sebagai instruktur Yoga. Dia mengatakan kepada media bahwa umat Islam harus mendobrak hambatan sosial dan menerapkan setiap praktik positif yang lazim di India. Qadri mengadakan kelas yoga untuk sekitar 32 wanita.

Partisipasi perempuan dalam mempromosikan Yoga telah membuahkan hasil yang besar dan jumlah perempuan yang melakukan latihan fisik agar tetap bugar telah meningkat secara fenomenal dalam beberapa waktu terakhir. Hampir setiap taman di kota-kota di negara ini memiliki pria dan wanita yang melakukan Yoga pada waktu yang berbeda sepanjang hari.

Seperti Qadri, Tasneem Kanchawala juga menjadikan Yoga sebagai panduan bagi orang awam menuju kesehatan yang baik. Berbagai penyakitnya sendiri telah sembuh setelah rutin melakukan asana Yoga. Dia mengatasi tiroid akut dengan bantuan yoga dan mengakui kekuatannya dalam membuat seseorang menjadi sehat.

Setelah kesembuhannya, dia mencurahkan pengalamannya untuk membantu perempuan lain di masyarakat, terutama perempuan Muslim.

“Bahkan jika Anda seorang ibu rumah tangga, yoga akan membantu Anda tetap bugar dan menangkal penyakit. Yoga adalah bagian penting dari budaya dan ilmu pengetahuan India, dan ketika seluruh dunia merangkul Yoga, kita, sebagai orang India, tidak boleh ketinggalan,” dia mengatakan kepada The Times of India dalam sebuah wawancara.

Salah satu tokoh Muslim India terkemuka yang telah mempraktikkan Yoga dan menulis dukungannya adalah Kaif Mahmood, pengajar Perbandingan Agama di Jamia Millia Islamia.

Dia menganjurkan bahwa mempersempit Yoga pada keterikatannya pada agama berarti meremehkan manfaat terapeutiknya. Namun dia tidak mendukung praktik yang dipaksakan ini.

Ia mengatakan bahwa Yoga bukanlah versi kuno dari gym modern di mana seseorang mempelajari berbagai latihan untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Mufti Shamoon, kepala Dewan Madrasah Uttarakhand dan teman Baba Ramdev, telah mempromosikan Yoga selama bertahun-tahun. Ia mengibaratkan manfaat Yoga dengan shalat dan roza (shalat dan puasa). Pengendalian diri, kesalehan dan momentum ritme tubuh dan pencapaian spiritual lainnya merupakan tujuan dari disiplin ini; dia menolak interaksinya di pertemuan Yoga.

Beberapa Muslim di India telah menekuni Yoga dengan penuh semangat sehingga mereka hampir mencapai kesempurnaan dan disebut acharya (guru) karena keahlian mereka. Salah satu guru tersebut adalah Acharya Rafik Khan, seorang Muslim taat berusia 39 tahun, yang tidak membiarkan reaksi keras dan permusuhan dari komunitasnya sendiri memengaruhi upayanya dalam mengikuti Yoga.

Populer

Pesawat Nepal Jatuh, Hanya Satu Orang yang Selamat

Rabu, 24 Juli 2024 | 15:16

Walikota Semarang dan 3 Lainnya Dikabarkan Berstatus Tersangka

Rabu, 17 Juli 2024 | 13:43

KPK Juga Tetapkan Suami Walikota Semarang dan Ketua Gapensi Tersangka

Rabu, 17 Juli 2024 | 16:57

Walikota Semarang dan Suami Terlibat 3 Kasus Korupsi

Rabu, 17 Juli 2024 | 17:47

KPK Bakal Audit Semua Rumah Sakit Telusuri Dugaan Fraud BPJS Kesehatan

Rabu, 24 Juli 2024 | 18:51

Kantor Rahim di Depok Ternyata Rumah Tinggal, Begini Kondisinya

Rabu, 17 Juli 2024 | 11:05

Duet Airin-Rano Karno Tak Terbendung di Pilkada Banten

Rabu, 17 Juli 2024 | 13:23

UPDATE

Sabotase Kereta Cepat Jelang Pembukaan Olimpiade Paris, PM Prancis: Ini Dilakukan Terencana

Sabtu, 27 Juli 2024 | 17:47

Banyak Hadiah Menarik Pertamina di Booth dalam Event GIIAS 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 | 17:37

Kabar Deklarasi Anies-Zaki, Golkar: Hoax!

Sabtu, 27 Juli 2024 | 17:15

Ekonomi Lesu, Laba Industri China Justru Naik 3,6 Persen

Sabtu, 27 Juli 2024 | 17:07

Putri Suku Oburauw Catar Akpol: Saya Busur Panah untuk Adik-adik

Sabtu, 27 Juli 2024 | 16:58

Kuasa Hukum Dini: Hakim Persidangan Greg Tannur Berat Sebelah

Sabtu, 27 Juli 2024 | 16:35

Dimyati Masih Ngarep Golkar dan PDIP Gabung

Sabtu, 27 Juli 2024 | 16:10

Menyusul TNI, Polri Rotasi 6 Kapolda Jelang Pilkada

Sabtu, 27 Juli 2024 | 15:32

Masih Cair, Peluang Jusuf Hamka di Pilkada Jakarta Masih Terbuka

Sabtu, 27 Juli 2024 | 15:31

4 Pangdam Dirotasi Jelang Pilkada, Ajudan Jokowi jadi Pangdam Brawijaya

Sabtu, 27 Juli 2024 | 15:13

Selengkapnya