Berita

Rosan Roeslani bersama Elon Musk/Ist

Bisnis

Di Sela KTT WWF di Bali

Rosan Roeslani Bertemu Hangat dengan Elon Musk

SELASA, 21 MEI 2024 | 14:16 WIB | LAPORAN: ADITYO NUGROHO

Momen pertemuan dan makan malam hangat Rosan Roeslani bersama Prabowo Subianto hingga Elon Musk di sela KTT World Water Forum menjadi perhatian publik.
 
Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat itu bertemu dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto beserta CEO Tesla, Elon Musk yang tentunya dapat membawa dampak baik bagi iklim perekonomian di Indonesia.
 

Dalam agendanya di Bali, mantan Wakil Menteri BUMN itu juga memberikan sambutan dan menjadi salah satu pembicara dalam acara Tri Hita Karana Forum di Kampus United In Diversity, Kura Kura Bali, Denpasar pada Minggu (19/5).
 
Rosan memberi sambutan dan jadi pembicara saat Plenary Session dengan tema “Your Golden Visa with New Era Bali Kerthi Roadmap for Better Business Better World”. Agenda ini merupakan forum untuk investasi berkelanjutan yang difasilitasi melalui program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Golden Visa.

“Dalam kesempatan tersebut saya dan Elon berdiskusi tentang Starlink, layanan internet berbasis satelit. kata Rosan melalui keterangan tertulis di Jakarta yang diterima redaksi, Selasa (21/5).

Rosan mengungkapkan, Starlink akan menciptakan ketersediaan layanan internet secara merata di Indonesia, khususnya di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar.

Tak hanya itu, dia juga memberikan informasi kepada Elon Musk mengenai kemeja yang dikenakan Elon yaitu kain Endek dari Bali.

Menurutnya Endek sering dipakai warga Bali untuk menghadiri acara formal hingga pesta pernikahan. Endek merupakan kain tradisional yang sudah terkenal di mancanegara ini dicatatkan sebagai Pengetahuan Tradisional Bali.

“Endek berasal dari bahasa setempat yaitu ‘gendekan’ atau ‘ngendek’ yang berarti diam atau tetap, tidak berubah warnanya. Sebutan tersebut muncul di tengah proses pembuatannya, yaitu pada saat diikat dan kemudian dicelup, benang yang diikat warnanya tetap atau tidak berubah atau di Bali disebut ‘ngendek’,” ujarnya.

Produksi Endek sangat dipengaruhi keyakinan dan kepercayaan Bali. Unsur budaya pada Kain Tenun Endek terdapat pada gagasan/ide dan nilai luhur yang terkandung dalam kain ikat tradisional ini.

Sedangkan unsur pesona merupakan keterampilan pengrajin atau seniman dalam mendesain dan membuat kain tradisional ini. Lalu unsur prasarana adalah meliputi alat-alat yang digunakan dalam proses pembuatan kain tenun itu sendiri.

“Kualitas Tenun Endek Bali ditentukan oleh kecerahan warna, kerapian, bahan benang dan motif yang ditampilkan. Setiap daerah di Bali memiliki motif dan warna Endek yang berbeda-beda,” imbuhnya.

Setelah acara forum tersebut, mantan Ketua KADIN Indonesia itu makan malam bersama Prabowo Subianto dan Elon Musk bersama beberapa tamu undangan lainnya seperti Hashim Djojohadikusumo dan Anindya Bakrie.
 
Dalam postingannya di sosial media Instagram pribadinya, Rosan Roeslani terlihat berbisik dengan Elon Musk. Namun, hingga kini belum diketahui apa yang dibicarakan oleh keduanya di sela KTT World Water Forum 2024.
 
CEO dari Tesla dan Space X Elon Musk resmi datang ke Indonesia tepatnya di Bali pada Minggu, 19 Mei 2024. Kedatangan Elon ke Bali disambut oleh Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.
 
Kedatangan CEO Space X itu diketahui untuk meresmikan peluncuran starlink di Indonesia. Yakni, layanan internet dengan menggunakan teknologi radio yang dipancarkan melalui satelit di orbit yang rendah dari bumi.  
 
Elon Musk juga diketahui hadir dan memberikan pidato dalam pembukaan World Water Forum ke-10 yang juga diselenggarakan di Bali.
 
Dalam pidatonya Elon mengatakan bahwa sekitar 70 persen wilayah bumi adalah air oleh sebab itu permasalahan air bersih dipastikan bisa diselesaikan.

Populer

Pesawat Nepal Jatuh, Hanya Satu Orang yang Selamat

Rabu, 24 Juli 2024 | 15:16

Walikota Semarang dan 3 Lainnya Dikabarkan Berstatus Tersangka

Rabu, 17 Juli 2024 | 13:43

KPK Juga Tetapkan Suami Walikota Semarang dan Ketua Gapensi Tersangka

Rabu, 17 Juli 2024 | 16:57

Walikota Semarang dan Suami Terlibat 3 Kasus Korupsi

Rabu, 17 Juli 2024 | 17:47

KPK Bakal Audit Semua Rumah Sakit Telusuri Dugaan Fraud BPJS Kesehatan

Rabu, 24 Juli 2024 | 18:51

Kantor Rahim di Depok Ternyata Rumah Tinggal, Begini Kondisinya

Rabu, 17 Juli 2024 | 11:05

Duet Airin-Rano Karno Tak Terbendung di Pilkada Banten

Rabu, 17 Juli 2024 | 13:23

UPDATE

Sabotase Kereta Cepat Jelang Pembukaan Olimpiade Paris, PM Prancis: Ini Dilakukan Terencana

Sabtu, 27 Juli 2024 | 17:47

Banyak Hadiah Menarik Pertamina di Booth dalam Event GIIAS 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 | 17:37

Kabar Deklarasi Anies-Zaki, Golkar: Hoax!

Sabtu, 27 Juli 2024 | 17:15

Ekonomi Lesu, Laba Industri China Justru Naik 3,6 Persen

Sabtu, 27 Juli 2024 | 17:07

Putri Suku Oburauw Catar Akpol: Saya Busur Panah untuk Adik-adik

Sabtu, 27 Juli 2024 | 16:58

Kuasa Hukum Dini: Hakim Persidangan Greg Tannur Berat Sebelah

Sabtu, 27 Juli 2024 | 16:35

Dimyati Masih Ngarep Golkar dan PDIP Gabung

Sabtu, 27 Juli 2024 | 16:10

Menyusul TNI, Polri Rotasi 6 Kapolda Jelang Pilkada

Sabtu, 27 Juli 2024 | 15:32

Masih Cair, Peluang Jusuf Hamka di Pilkada Jakarta Masih Terbuka

Sabtu, 27 Juli 2024 | 15:31

4 Pangdam Dirotasi Jelang Pilkada, Ajudan Jokowi jadi Pangdam Brawijaya

Sabtu, 27 Juli 2024 | 15:13

Selengkapnya