Berita

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono/Ist

Pertahanan

Panglima TNI Rotasi 60 Pati, Kabinda Papua Barat Dimutasi

MINGGU, 19 NOVEMBER 2023 | 14:25 WIB | LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono kembali merotasi jabatan strategis di lingkungan TNI. Sebanyak 60 Perwira Tinggi (Pati) dirotasi, termasuk Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua Barat, Brigjen Tahan Sopian Parulian Silaban.

Kapuspen TNI, Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono mengatakan, rotasi jabatan strategis di lingkungan TNI bertujuan mengoptimalkan tugas pokok TNI.

Mutasi dan promosi itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI nomor Kep/1324/XI/2023 tanggal 17 November 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

"Telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 60 Pati TNI terdiri dari 25 Pati TNI AD, 10 Pati TNI AL dan 25 Pati TNI AU," kata Laksda Julius dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/11).

Ke-25 Pati TNI Angkatan Darat (AD) yang dirotasi, yakni Letjen Teguh Arief Indratmoko dari Danjen Akademi TNI menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun; Mayjen Lismer Lumban Siantar, dari Pa Sahli Tk. III Bid. Wassus dan LH Panglima TNI menjadi Staf Khusus Panglima TNI; Mayjen Joko Purwo Putranto, dari Dankoopssus TNI menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Wassus dan LH Panglima TNI.

Selanjutnya, Brigjen Suhardi dari Dir D Bais TNI menjadi Dankoopssus TNI; Kolonel Inf Toyib Anwari dari Wadan Satintel Bais TNI menjadi Dir D Bais TNI; Brigjen Heru Langlang Buana, dari Wadan PMPP TNI menjadi Dirdik Akademi TNI; Brigjen Dody Muhtar Taufik, dari Dirdik Akademi TNI menjadi Wadan PMPP TNI; Brigjen Eko Setiawan Airlangga dari Dirlitbang Pusjianstralitbang TNI menjadi Staf Khusus Kasad.

Selanjutnya, Mayjen Joko Purnomo dari Pa Sahli Tk.III Kasad Bid. Polkamnas menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun; Brigjen Edy Sutrisno, dari Kasdam Jaya menjadi Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Polkamnas; Brigjen Tatang Subarna dari Danrem 064/MY (Serang) Kodam III/Slw menjadi Kasdam Jaya; Kolonel Inf Fierman Sjafirial Agustus dari Ajudan Wapres RI menjadi Danrem 064/MY (Serang) Kodam III/Slw; Mayjen Djashar Djamil, dari Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Komsos menjadi Staf Khusus Kasad untuk Kepala BP TWP.

Kemudian, Brigjen Supriyono, dari Danrem 042/Gapu (Jambi) Kodam II/Swj menjadi Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Komsos; Kolonel Inf Rachmad dari Pamen Denmabesad menjadi Danrem 042/Gapu (Jambi) Kodam II/Swj; Brigjen Kus Arisena dari Kapoksahli Pangkostrad menjadi Staf Khusus Kasad; Brigjen Budi Kusworo dari Kapoksahli Pangdam IV/Dip menjadi Kapoksahli Pangkostrad; Kolonel Inf Bambang Sujarwo, dari Pamen Denmabesad menjadi Kapokshli Pangdam IV/Dip; Mayjen Henra Hari Sutaryo dari Dansecapaad menjadi Staf Khusus Kasad.

Kemudian, Mayjen Bobby Rinal Makmun, dari Pangdivif 1 Kostrad menjadi Dansecapaad; Brigjen Rudi Puruwito, dari Waaspers Kasad Bid. Binpers menjadi Pangdivif I Kostrad; Kolonel Inf Krido Pronomo, dari Paban V/Binkar Spersad menjadi Waaspers Kasad Bid. Binpers; Brigjen Chanlan Adilane, dari Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Jahpres menjadi Staf Khusus Kasad; Kolonel Inf Asep Dedi Darmadi, dari Kasetumad menjadi Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Jahpers.

Lalu, Brigjen Tahan Sopian Parulian Silaban, dari Kabinda Papua Barat pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Staf Khusus Kasad.

Selanjutnya untuk 10 Pati TNI Angkatan Laut (AL) yang dirotasi, yakni Laksdya Dadi Hartanto, dari Setjen Wantannas menjadi Danjen Akademi TNI; Laksda Dr. T.S.N.B. Hutabarat, dari Deputi Bid. Pengkajian dan Penginderaan Sesjen Wantannas menjadi Setjen Wantannas.

Lalu, Laksda Ali Triswanto, dari Tenaga Ahli Pengkaji Bid. Wawasan Nusantara Lemhannas menjadi Deputi Bid. Pengkajian dan Penginderaan Setjen Wantannas, Brigjen TNI (Mar) Dr. Hermanto, dari Staf Khusus Kasal menjadi Tenaga Ahli Pengkaji Bid. Wawasan Nusantara Lemhannas, Brigjen TNI (Mar) Citro Subono, dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Dirlitbang Pusjianstralitbang TNI.

Lalu, Laksma Basri Mustari, dari Pa Sahli Tk. II Was Afrika dan Timteng Sahli Bid. Hubint Panglima TNI menjadi Direktur Operasi Laut pada Deputi Bid. Operasi dan Latihan Bakamla; Laksma Aria Cakra Wibawa, dari Kapoksahli Kogabwilhan I menjadi Pa Sahli Tk. II Was Afrika dan Timteng Sahli Bid. Hubint Panglima TNI.

Kemudian, Laksma Friche Flack dari Direktur Operasi Laut pada Deputi Bid. Operasi dan Latihan Bakamla menjadi Kapoksahli Kogabwilhan I; Laksma R. Kukuh Sulistijono, dari Pa Sahli Tk. II Kumham dan Narkoba Sahli Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI menjadi Staf Khusus Kasal; Kolonel Laut (P) Gunardi, dari Sahli C Straops Pok Sahli Koarmada RI menjadi Pa Sahli Tk. II Kumham dan Narkoba Sahli Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI.

Lalu untuk 25 Pati TNI Angkatan Udara (AU) yang dirotasi, yakni Marsdya A Gustaf Brugman, dari Wakasau menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun; Marsdya Andyawan Martono P, dari Pangkogabwilhan II menjadi Wakasau; Marsdya Mohamad Tonny Harjono, dari Pangkoopsudnas menjadi Pangkogabwilhan II; Marsdya Tedi Rizalihadi, dari Dankodiklatau menjadi Pangkoopsudnas.

Selanjutnya, Marsda Arief Mustofa, dari Deputi Bid. Koord Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenko Polhukam menjadi Dankodiklatau; Marsda Eko D. Indarto, dari Irjenau menjadi Deputi Bid. Koord Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenko Polhukam; Marsda Jemi Trisonjaya, dari Koorsahli Kasau menjadi Irjenau.

Kemudian, Marsda M Fadjar Sumarijadji, dari Aspers Kasau menjadi Koorsahli Kasau; Marsma Mohammad Syafii, dari Kadisminpersau menjadi Aspers Kasau; Marsma Danet Hendriyanto, dari Aspers Kaskoopsudnas menjadi Kadisminpersau; Marsma Djohn Amarul dari Danpuslat Kodiklat TNI menjadi Aspers Kaskoopsudnas; Marsma Didik Kristyanto, dari Staf Khusus Kasau menjadi Danpuslat Kodiklat TNI.

Lalu, Marsma dr. Paulus Supriono, dari Pati Sahli Kasau Bid. Kersalem menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun; Kolonel Kes V Triastuti Widyaningrum, dari Dosen Gol. IV AAU menjadi Pati Sahli Kasau Bid. Kersalem; Marsma Fairlyanto, dari Danlanud Abd menjadi Staf Khusus Kasau; Marsma Firman Wirayuda, dari Dirlat Kodiklatau menjadi Danlanud Abd; Marsma Prasetya Halim, dari Danlanud Spo menjadi Dirlat Kodiklatau.

Selanjutnya, Marsma Reka Budiarsa, dari Dan Kosek I Koopsud I menjadi Danlanud Spo; Kolonel Pnb Jajang Setiawan, dari Dirjianstraops Seskoau menjadi Dan Kosek I Koopsud I; Marsma Ali Gusman, dari Dansekkau menjadi Staf Khusus Kasau; Marsma Sri Duto Dhanisworo, dari Danlanud Sdm menjadi Dansekkau; Kolonel Pnb Sapuan, dari Sesdisopslatau menjadi Danlanud Sdm.

Lalu, Marsma Ian Faudy dari Asops Kaskoopsudnas menjadi Staf Khusus Kasau; Marsma David Yohan Tamboto, dari Dankosek III Koopsud III menjadi Asops Kaskoopsudnas; dan Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo, dari Danlanud Smh menjadi Dankosek III Koopsud III.

Hal menarik dari rotasi Pati TNI ini ialah Kabinda Papua Barat, Brigjen TNI TSP. Silaban yang sebelumnya membuat geger publik usai beredarnya pakta integritas yang diteken Penjabat (PJ) Bupati Sorong Yan Piet Mosso.

Dalam sebaran pakta integritas yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, tertera tanda tangan dari Yan Piet Mosso dan Kabinda Papua Barat, Brigjen TNI TSP. Silaban pada Agustus 2023.

Salah satu isinya, siap mencari dukungan dan memberikan kontribusi suara pada Pilpres 2024, minimal sebesar 60 persen + 1 untuk kemenangan Ganjar Pranowo sebagai Presiden Republik Indonesia di Kab. Sorong

Kemudian yang isi pakta integritas yang terakhir, bersedia menjaga kerahasiaan sepenuhnya berkaitan pembuatan pakta integritas ini. Hingga kini, Kantor Berita Politik RMOL masih mencoba menelusuri kebenaran dari sebaran pakta integritas tersebut.

Populer

Inilah 12 Caleg Dapil DKI Jakarta 10 Peraih Suara Terbanyak

Selasa, 20 Februari 2024 | 15:05

20 Caleg DPR RI Dapil Lampung II Teratas Versi Quick Count

Jumat, 16 Februari 2024 | 06:57

10 Caleg Dapil DKI Jakarta 5 Ini Berpeluang Lolos ke Kebon Sirih

Senin, 19 Februari 2024 | 16:28

Anggota DPRD Kabupaten Madiun Hasil Pemilu 2024 Diprediksi Didominasi Petahana

Selasa, 13 Februari 2024 | 19:59

Dedi Iskandar Teratas, Ini Perolehan Suara 21 Calon DPD Sumut

Jumat, 16 Februari 2024 | 05:48

Muncul di Film "Dirty Vote", Pj Gubernur Jabar Bantah Tak Netral di Pemilu 2024

Senin, 12 Februari 2024 | 19:49

Minta Maaf, KPU Akui 2.325 TPS Salah Input Suara Capres-Cawapres

Jumat, 16 Februari 2024 | 08:47

UPDATE

Pemprov Sumut Optimis F1 Powerboat Danau Toba Dongkrak Ekonomi

Kamis, 22 Februari 2024 | 21:38

Momen Salaman dan Pelukan AHY-Moeldoko Ditunggu Masyarakat

Kamis, 22 Februari 2024 | 21:28

Binsar Simatupang: Sertifikat Halal Dukung Produk UMKM Go Internasional

Kamis, 22 Februari 2024 | 21:18

Tri Tito: Bedah Rumah dan Sanitasi Dasar Kebutuhan Rakyat

Kamis, 22 Februari 2024 | 21:17

AHY Masuk Kebinet Jokowi, Jadi Episode Penutup Menuver Moeldoko Kudeta Demokrat

Kamis, 22 Februari 2024 | 21:08

HMS Center: Hadi Tjahjanto Jangan Janji Manis Tangani Skandal BLBI

Kamis, 22 Februari 2024 | 21:01

Inggard Joshua Kecewa, Sirekap cuma Bikin Gaduh

Kamis, 22 Februari 2024 | 20:56

Jokowi dan Prabowo Diprediksi Bakal Sisakan PDIP dan PKS Jadi Oposisi

Kamis, 22 Februari 2024 | 20:51

Di Sulsel, Tri Tito Karnavian Sosialisasi Keluarga Sadar Hukum Cegah KDRT

Kamis, 22 Februari 2024 | 20:49

Terima Mahasiswa Asal Korea, Wakil Walikota Medan Kenalkan Budaya dan Kuliner Kota Medan

Kamis, 22 Februari 2024 | 20:47

Selengkapnya