Workshop digital marketing untuk pelaku UMKM di Kota Semarang, Jawa Tengah/Ist
Perkembangan era digital yang kian pesat, harus dimanfaatkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengembangkan jejaring bisnis dan memperluas jangkauan pasar.
Untuk mengoptimalkan kapasitas pelaku UMKM dalam memanfaatkan ruang digital, Kelompok UMKM Sandi Uno, menggelar pelatihan workshop kewirausahaan tentang digital marketing di Kota Semarang, Jawa Tengah.
Perwakilan UMKM Sahabat Sandi Uno Kota Semarang, Esti Ginting, mengatakan, program pelatihan ini sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha dalam membantu memproses perizinan bisnisnya, untuk dapat melangkah menuju pasar digital atau
go digital.
"Untuk
digital marketing UMKM sudah mulai menggunakannya, karena pelaku ekonomi kreatif membutuhkan pemasaran yang dilakukan berupa pasar online," kata Esti dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/9).
Melalui
workshop ini, kata Esti, relawan Sahabat Sandi Uno juga melajukan fokus Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam mewujudkan 4,4 juta lapangan pekerjaan baru melalui pertumbuhan UMKM.
Esti menjelaskan, para peserta yang hadir kali ini juga ada yang belum memiliki usaha, sehingga tujuannya dapat meningkatkan minat dalam berwirausaha.
"Peserta kali ini hadir ada yang sudah mempunyai UMKM, tujuannya untuk meningkatkan omzet naik kelas. Ada juga belum memiliki UMKM sasarannya agar menumbuhkan lapangan kerja baru," katanya.
Setelah
workshop, kata Esti lagi, akan ada pendampingan usaha yang berlanjut dengan WhatsApp Grup, untuk memberikan pelatihan lanjutan secara online sesuai kebutuhan pelaku UMKM.