Berita

Kepala Bagian Pelaporan Pimpinan dan Pembinaan Pelayanan Publik menyampaikan sambutan Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Pantja Dharma Oetojo/Ist

Nusantara

Pelatihan Budaya Pelayanan Prima Upaya Kementerian PUPR Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

MINGGU, 11 DESEMBER 2022 | 17:53 WIB | LAPORAN: IDHAM ANHARI

Komitmen Kementerian PUPR untuk menyediakan pelayanan publik yang berkualitas terus ditingkatkan. Setelah menyelesaikan ruangan Pelayanan Publik Terpadu, Kementerian PUPR juga menyediakan layanan call center 158, whatsapp center 0815 1000 0158, dan penyiapan sistem manajemen layanan yang tersertifikasi ISO 9001:2015.

Tidak hanya itu, kualitas sumber daya manusia juga terus diperhatikan. Pada Jumat-Sabtu, 9-10 Desember 2022, Kementerian PUPR mengikutsertakan seluruh petugas Pelayanan Publik Terpadu dalam kegiatan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima.

Pelatihan tersebut mengambil tema "Crafting Servive Excellent 5.0" yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja petugas layanan sebagai garda terdepan pelayanan publik Kementerian PUPR.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Pantja Dharma Oetojo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bagian Pelaporan Pimpinan dan Pembinaan Pelayanan Publik menyampaikan bahwa pelayanan publik merupakan cerminan dari kualitas birokrasi yang dijalankan oleh sebuah pemerintahan.

"Birokrasi yang baik dan sehat dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat dalam bentuk pelayanan prima kepada seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu, konsep dan implementasi pelayanan prima harus dijalankan betul-betul oleh seluruh penyelenggara layanan,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (11/12).

Pelatihan tersebut melibatkan trainers atau narasumber bersertifikat BNSP dari Asosiasi Service Quality Indonesia (ASQI), yang memberikan materi pelatihan berdasar pada SKKNI 170 dan 183 tahun 2016, yang mencakup materi Service & Customer Mindset, Knowing Your Customer, Service Communicaton & Telephone Courtesy, Professional Grooming & Business Etiquette, dan Handling Costumer Complaint.

Seluruh materi diberikan dengan harapan peserta mampu untuk memenuhi standar kompetensi Pelaksana Pelayanan Prima Pratama atau Junior Service Quality Officer.

Dengan upaya-upaya semacam itu, diharapkan kualitas pelayanan publik akan meningkat dan hal ini akan tercermin dalam peningkatan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di lingkungan Kementerian PUPR.

Populer

Pendapatan Telkom Rp9 T dari "Telepon Tidur" Patut Dicurigai

Rabu, 24 April 2024 | 02:12

Polemik Jam Buka Toko Kelontong Madura di Bali

Sabtu, 27 April 2024 | 17:17

Pj Gubernur Ingin Sumedang Kembali jadi Paradijs van Java

Selasa, 23 April 2024 | 12:42

Jurus Anies dan Prabowo Mengunci Kelicikan Jokowi

Rabu, 24 April 2024 | 19:46

Tim Hukum PDIP Minta Penetapan Prabowo-Gibran Ditunda

Selasa, 23 April 2024 | 19:52

Pj Gubernur Jabar Minta Pemkab Garut Perbaiki Rumah Rusak Terdampak Gempa

Senin, 29 April 2024 | 01:56

Bocah Open BO Jadi Eksperimen

Sabtu, 27 April 2024 | 14:54

UPDATE

Samsudin Pembuat Konten Tukar Pasangan Segera Disidang

Kamis, 02 Mei 2024 | 01:57

Tutup Penjaringan Cakada Lamteng, PAN Dapatkan 4 Nama

Kamis, 02 Mei 2024 | 01:45

Gerindra Aceh Optimistis Menangkan Pilkada 2024

Kamis, 02 Mei 2024 | 01:18

Peringatan Hari Buruh Cuma Euforia Tanpa Refleksi

Kamis, 02 Mei 2024 | 00:55

May Day di Jatim Berjalan Aman dan Kondusif, Kapolda: Alhamdulillah

Kamis, 02 Mei 2024 | 00:15

Cak Imin Sebut Negara Bisa Kolaps Kalau Tak Ada Perubahan Skenario Kerja

Rabu, 01 Mei 2024 | 23:39

Kuliah Tamu di LSE, Airlangga: Kami On Track Menuju Indonesia Emas 2045

Rabu, 01 Mei 2024 | 23:16

TKN Fanta Minta Prabowo-Gibran Tetap Gandeng Generasi Muda

Rabu, 01 Mei 2024 | 22:41

Ratusan Pelaku UMKM Diajari Akselerasi Pasar Wirausaha

Rabu, 01 Mei 2024 | 22:36

Pilgub Jakarta Bisa Bikin PDIP Pusing

Rabu, 01 Mei 2024 | 22:22

Selengkapnya