Berita

Curug Cipamingkis Kabupaten Bogor/Ist

Nusantara

Pariwisata Aman, Lima Objek Wisata Kabupaten Bogor Punya Sertifikat CHSE

SENIN, 24 JANUARI 2022 | 23:55 WIB | LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK

Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang kaya akan ragam wisata menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dan diwujudkan dengan sertifikat Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE).

Di era pandemi Covid-19 yang masih menghantui masyarakat, menjadi PR bersama setiap objek wisata untuk menerapkan protokol wisata aman.

Dirangkum Kantor Berita RMOLJabar, setidaknya ada lima objek wisata di Kabupaten Bogor yang menerapkan protokol wisata aman.

1. Curug Cipamingkis

Kabupaten Bogor kaya dengan aneka wisata airnya, salah satu yang menarik di antaranya adalah Curug Cipamingkis yang berada di Kecamatan Jonggol, atau tepatnya di bukit Cipamingkis.

Salah satu daya tarik dari objek wisata ini, adalah curug yang sangat mempesona dan memiliki air yang sangat jernih. Debit airnya pun tidak terlalu deras, sehingga memungkinkan wisata untuk bermain air sekitar curug.

Keberadaan curug juga ditunjang dengan lingkungan sekitar curug yang masih asri dan terjaga, sehingga pas sebagai pelepas penat dari aktivitas sehari-hari. Di sini wisatawan tak hanya bisa menikmati wisata air, tetapi juga bisa sekalian berkemah di sekitar hutan pinus yang dikelola KPH Perhutan Bogor.

2. Cikuluwung River Spot

Cari tempat ngopi yang bikin kepala adem di Bogor? Cikuluwung River Spot jawabannya. Lokasi wisata ini terletak di Kaki Gunung Salak yang sudah pasti sejuk dan hijau. Secara administrasi lokasinya berada di Jl Gunung Menir, Kecamatan Pamijahan Bogor.

Tempat yang sempat viral ini kerap diserbu pengunjung setiap pekannya. Kenikmatan menyicip kopi di tengah area pesawahan yang tertata rapi, diiringi suara gemercik air sungai cocok untuk meredakan ketegangan urat syaraf.

Tak lengkap rasanya datang ke tempat ini tanpa menjajal River tubing di aliran sungai yang jernih. Hargan paket tubingnya pun relatif terjangkau, wisatawan cukup merogoh kocek mulai dari 55 ribu hingga Rp 157 ribu per orang tergantung paket petualangan yang dicoba, harga tersebut juga sudah termasuk asuransi.

3. Taman Safari Indonesia

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Bogor tanpa bertandang ke Taman Safari Indonesia. Di sini wisatawan bisa menyaksikan ribuan koleksi satwa, dan banyak wahana pertunjukan yang bisa dijajal bersama keluarga.

Di sini wisatawan bisa mendapatkan edukasi mengenai satwa dan proses konverasi yang dilakukan. Hewan yang ada di sini pun ditempatkan dalam kandang yang dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya di alam liar.

Setiap akhir pekan dan hari libur, pengelola juga menyediakan perjalanan safari malam. Wisawatan bisa menyaksikan bagaimana hewan-hewan nokturnal beraktivitas, perjalanan safari tersebut juga ditemani pemandu. Di akhir perjalanan, pengunjung akan menyaksikan penampilan tarian cahaya.

4. Sentul Eco Edu Forest

Satu lagi tempat edukasi lingkungan dan camping ground di Kabupaten Bogor. Namanya, Sentul Eco Edu Forest. Kawasan hutan dengan luas 9.200an hektar ini dipotong oleh aliran sebuah sungai dengan kedalaman yang dangkal.

Sebelum memasuki kawasan ini, wisatawan harus melewati sebuah jembatan gantung yang menambah kesan petualangan. Ukurannya tak terlalu lebar, bahkan untuk melintas hanya diperbolehkan dua orang dewasa saja.

Usai melewati jembatan, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan rindang. Lokasi Eco Edu Toriusm Forest berada di Desa Karang Tengah, Babakan Madang Sentul, Bogor.

Sedikit informasi, kawasan wisata ini dibangun dari hasil kerjasama Pemerintah RI dan Korea Selatan pada tahun 2011. Kerjasama itu ditandai lewat monumen kerjasama yang ditandatangani Menteri Kehutanan RI saat itu Zulkifli Hasan dan Duta Besar Republik Korea Kim Young Sun.

5. Hutan Hujan Sentul

Hutan Hujan Sentul menempati area hutan pinus seluas 26 hektar yang berlokasi di Kampung Cigobang, Desa Karang Tengah, Sentul, Kabupaten Bogor. Dengan pemandangan hamparan sawah serta hijaunya Hutan Pinus menghadirkan suasana sejuk dan damai.

Di sini wisatawan bisa melakukan trekking ke Gua Agung Garunggang, sebuah goa kecil yang tersembunyi. Keunikan gua ini yaitu pintu masuk yang terlihat menganga secara vertikal dan sangat lebar.

Dalam gua ini terdapat Batu Gantung dan sebuah kolam pemandian yang terbentuk secara alami. Secara keseluruhan pemandangan Gua ini sangat menakjubkan.

Populer

KPK Ancam Pidana Dokter RSUD Sidoarjo Barat kalau Halangi Penyidikan Gus Muhdlor

Jumat, 19 April 2024 | 19:58

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Resmi Tersangka KPK

Selasa, 16 April 2024 | 07:08

Pendapatan Telkom Rp9 T dari "Telepon Tidur" Patut Dicurigai

Rabu, 24 April 2024 | 02:12

Tim Kecil Dibentuk, Partai Negoro Bersiap Unjuk Gigi

Senin, 15 April 2024 | 18:59

Megawati Bermanuver Menipu Rakyat soal Amicus Curiae

Kamis, 18 April 2024 | 05:35

Diungkap Pj Gubernur, Persoalan di Masjid Al Jabbar Bukan cuma Pungli

Jumat, 19 April 2024 | 05:01

Mau Perang Tapi Kere, Bagaimana?

Senin, 15 April 2024 | 12:34

UPDATE

Puluhan Sepeda Motor Curian Diparkir di Polsek Tambora

Kamis, 25 April 2024 | 10:05

Kereta Cepat Whoosh Angkut 200 Ribu Penumpang selama Lebaran 2024

Kamis, 25 April 2024 | 09:56

9 Kandidat Bacalon Walikota Cirebon Siap Fit and Proper Test

Kamis, 25 April 2024 | 09:55

Usai Naikkan Suku Bunga, BI Optimis Rupiah akan Kembali ke Rp15.000 di Akhir Tahun

Kamis, 25 April 2024 | 09:51

Parpol Menuduh Pemilu Curang Haram Gabung Koalisi Pemerintah

Kamis, 25 April 2024 | 09:49

Demokrat Welcome PKB Masuk Koalisi Prabowo-Gibran

Kamis, 25 April 2024 | 09:49

KPK akan Kembali Tangkap Bupati Mimika Eltinus Omaleng

Kamis, 25 April 2024 | 09:38

Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik, Begini Caranya

Kamis, 25 April 2024 | 09:37

Pembatasan Kendaraan Pribadi Belum Tentu Atasi Macet Jakarta

Kamis, 25 April 2024 | 09:28

Berantas Judi Online Harus Serius

Kamis, 25 April 2024 | 09:22

Selengkapnya